Iklan Responsive Bawah

Tradisional! 10 Penampakan Hasil Masakan Khas Kalimantan Barat

Jika Anda berkunjung ke Kalimantan Barat, ada salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan, hasil olahan masakanya. Ya, masakan khas Kalimantan Barat memang terkenal memiliki keunikan dan pastinya sangat lezat. Oleh karena itu, Anda mesti mencobanya.

1. Kerupuk Basah
Masakan tradisional khas Kapuas hulu ini termasuk hasil masakan yang sarat dengan protein. Bentuknya tidak sesuai dengan namanya. Ya, kerupuk basah bukanlah sebuah kerupuk pada umumnya, tapi lebih menyerupai empek-empek. Bedanya, kerupuk ini tidak digoreng, dan ukurannya juga lebih panjang. Kuliner ini biasanya juga dilengkapi dengan saos kacang.

2. Asam Pedas Tempoyak
Masakan khas daerah Ketapang, Kalimantan Barat ini mungkin sering dijumpai. Namun, masakan ini dilengkapi dengan tempoyak sebagai ciri khasnya. Tempoyak, semacam daging buah durian yang telah diolah, terasa nikmat ketika dimakan apalagi ditambah dengan bumbu-bumbu. Asam pedas ini juga dilengkapi dengan ikan patin yang berdaging lembut.

Baca juga:               



3. Sotong Pangkong
Masakan ini cukup langka, jarang ditemukan di daerah lain selain daerah Pontianak. Biasanya, masakan ini dijumpai pada bulan Ramadan. Apa itu sotong pangkong? Sejenis cumi-cumi yang dipanggang hingga kering. Sotong pakong ini akan terasa lebih nikmat jika dicampur dengan sambal asam pedas dan sambal kacang.

5. Mie Kepiting
Masakan tradisional khas Pontianak ini sangat populer dikalangan pelancong maupun masyarakat di sana. Sensasi olahan menu kepiting yang menggoda ini sangat dinanti-nanti. Sebenarnya, hasil masakan ini hampir sama dengan mie ayam, namun topping yang digunakan berbeda, seperti udang, daging kepiting, kecambah, dan lain sebagainya.

6. Mie Sagu
Bagi masyarakat Melayu di Pontianak khususnya, sagu dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan mie. Pertama kali, sagu diulen, lalu dipotong kecil dan panjang. Setelah itu, tinggal direbus dan dicampurkan dengan beragam bumbu, seperti merica, kecambah, kucai, dan dilengkapi daging.



7. Pengkang
Hasil masakan khas Kalimantan Barat ini biasanya sering ditemukan di wilayah pesisir. Pekang ini sejenis makanan yang berupa beras ketan dan ubi. Cara pembuatannya unik, dimana pekang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar atau dipanggang. Setelah itu, Anda akan mencium aroma lezat yang membuat setiap orang ingin segera menikmatinya.

8. Bubur Pedas
Bagi suku Melayu di Kalimantan Barat, masakan ini tidak asing lagi. Ya, inilah salah satu hasil masakan khas Melayu, tepatnya di Sambas, Kalimantan Barat. Nikmat dan pedas, itulah sensasi dari masakan ini. Bubur pedas terbuat dari beras yang terlebih dahulu dihaluskan, lalu dioseng (tanpa minyak) dan ditambahkan beragam sayuran, seperti wortel, pakis, dan lainnya.

9. Ikan Salai
Bagi Anda yang suka dengan ikan sungai, ikan salai boleh dicoba. Pada dasarnya, ikan salai ini merupakan ikan yang telah diawetkan terlebih dahulu atau istilahnya diasap. Itulah kenapa ikan ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang relatif lama. Cara masaknya juga bervariasi, ada yang digoreng, dibakar, dan cara lainnya.

10. Ale-Ale
Ale-ale juga merupakan hasil masakan khas Ketapang. Ale-ale ialah hewan air laut yang sejenis kerang. Kerang ini biasanya dimasak dengan beragam campuran, seperti kelapa parut, dan campuran lainnya. Anda juga bisa mencoba memasaknya sendiri karena kuliner ini sangat mudah dimasak. Tinggal merebus kerang tersebut dan dikasih bumbu sesuai selera.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu atau bahkan seluruh masakan khas Kalimantan Barat tersebut? Jangan ragu untuk mencobanya karena Anda bisa mendapatkan sensasi yang berbeda dari masakan daerah lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisional! 10 Penampakan Hasil Masakan Khas Kalimantan Barat "

Posting Komentar