Iklan Responsive Bawah

Cara Bersihkan Injector Motor untuk Menjaga Performa Mesin

Cara bersihkan injector motor mesti diperhatikan dengan benar bagi Anda yang ingin selalu merawat motor yang dimiliki. Terutama untuk mereka yang memiliki motor berjenis injeksi maka injektor motor adalah hal yang vital. Alasannya karena tarikan gas dari motor akan tersendat apabila tidak dibersihkan. Untuk membersihkannya sendiri, berikut beberapa caranya.

cara bersihkan injector motor
youtube.com

1. Injector Tester and Cleaner


Cara yang pertama adalah dengan menggunakan teknik yang satu ini. Bisa dibilang, teknik yang satu ini memang dikenal akan kerumitannya dan juga prosesnya yang cukup panjang. Namun semua akan sebanding dengan hasil yang nantinya bakal didapatkan. Proses pertamanya biasanya akan membuat injektor dari motor Anda harus dilepaskan terlebih dulu dari tempatnya. 

Nantinya mesin akan mensimulasikan semprotan bensin yang terdapat pada motor. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kekotoran dari motor yang Anda miliki. Jika tingkat kekotorannya sudah diketahui maka proses pembersihan injektor akan bisa segera dilakukan. Biasanya cara pembersihannya adalah merendam injektor di dalam cairan pembersih khusus. 

2. Campur dengan Bahan Bakar


Cara bersihkan injector motor yang berikutnya adalah dengan cara mencampurnya menggunakan bahan bakar. Bisa dibilang, cara yang satu ini adalah cara yang termudah dibandingkan dengan cara-cara lainnya. Caranya adalah dengan tinggal menuangkan cairan carbon cleaner yang mudah ditemukan di pasaran ke dalam tangki dari motor Anda. 

Nantinya biarkan cairan carbon cleaner tersebut bercampur dengan bahan bakar yang ada. Untuk anjurannya sendiri, disarankan untuk melakukan hal ini setiap perjalanan 3.000 km sekali. Asal tahu saja, dengan melakukan hal ini maka akan banyak sekali manfaat yang bisa Anda rasakan. Mulai dari mengurangi endapan karbon yang ada di mesin injektor hingga membersihkannya. 

3. Metode Infus


Untuk cara yang terakhir adalah dengan menggunakan metode infus yang bisa dibilang cukup terkenal ini. Alasan disebut metode infus karena memang cara membersihkannya menggunakan perangkat lebih mirip infus. Cara pertamanya adalah dengan melepas tangki, selang hingga penghubung pada bahan bakar. Setelah itu ganti dengan infus carbon cleaner MTR. 

Nantinya produk yang menyerupai infus tersebut akan ditekan dengan kompresor yang berisi. Cairan yang masuk ke dalam injektor karena tekanan angin tersebutlah yang nantinya akan membersihkan. Bukan hanya pada injektornya tapi juga pada area ruang bakar. Biasanya akan diselesaikan dengan mesin dinyalakan selama lima menit untuk membersihkan cairan injektor. 

Cara bersihkan injector motor yang sudah dijelaskan di atas tentunya disarankan dilakukan pada bengkel yang terpercaya. Hal tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain itu, jangan lupakan untuk selalu menjaga kondisi motor injeksi Anda dengan selalu rutin membersihkannya. Soalnya hal ini berhubungan langsung dengan performa motor Anda sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Bersihkan Injector Motor untuk Menjaga Performa Mesin "

Posting Komentar