Iklan Responsive Bawah

Inilah Fakta Unik Wae Rebo, Desa Tercantik di Indonesia

Desa Wae Rebo Flores merupakan salah satu desa terindah di Indonesia yang sudah diakui dunia. Wae Rebo Flores merupakan sebuah desa tampak seperti desa negeri dongeng yang diselimuti kabut putih. Sebenarnya apa saja sih fakta unik tentang Desa Wae Rebo Flores? Berikut merupakan fakta unik Wae Rebo, desa tercantik di belahan Flores.

fakta unik wae rebo
florestourism.com

1.    Desa Wae Rebo Terletak di Perbukitan 


Beberapa ratus tahun yang lalu, nenek moyang Wae Rebo mendaki gunung dan masuk ke sebuah hutan untuk membangun sebuah kampung di atas sebidang tanah di dalam hutan. Desa tersebut kini dikenal dengan nama Wae Rebo. Apabila Anda berkunjung ke Wae Rebo, Anda akan merasakan sensasidesa berselibut kabut seperti berada di negeri dongeng. 

2.    Sebelum Beraktivitas, Anda Wajib Mengikuti Upacara Adat


Mbaru Niang merupakan rumah adat Wae Rebo yang berbentuk kerucut. Nah, hal pertama yang wajib Anda lakukan ketika berkunjung ke Wae Rebo adalah dengan mendatangi rumah kepala suku sekaligus meminta izin untuk berkunjung ke Wae Rebo. Ketika mengunjungi rumah kepala suku, Anda harus mengucapkan sebuah kalimat dalam bahasa Manggarai. 

Apabila Anda sudah mengikuti upacara adat Wae Rebo, maka artinya Anda sudah diterima dan dianggap sebagai bagian dari masyarakat Wae Rebo. Setelah mengikuti upacara adat tersebut, Anda sudah bebas melakukan berbagai aktivitas di Desa Wae Rebo. 

3.    Makanan Khas Wae Rebo


Fakta unik Wae Rebo selanjutnya adalah Anda akan disuguhi makanan khas  Wae Rebo yang dimasak dengan penuh cinta oleh mami-mami dari Desa Wae Rebo. Seperti layaknya saudara sendiri Anda akan disuguhi berbagai makanan khas Wae Rebo yang terdiri dari nasi jagung, telur ayam, dan daun labu. 

Uniknya, bahan-bahan makanan tersebut dibawa berjalan kaki naik bukit oleh masyarakat Wae Rebo. Masyarakat Desa Wae Rebo memanggul bahan makanan tersebut dari Desa Combo. Desa Combomerupakan sebuah desa yang terletak di bawah bukit. Masyarakat Wae Rebo hanya bercocok tanam kopi dan sayuran saja. 

4.    MburuNiang, Rumah Adat Wae Rebo


Mburu Niang merupakan rumah adat masyarakat Wae Rebo yang sudah berusia ratusan tahun. Rumah adat ini hanya terbuat dari sebuah kayu besar sebagai penyangga rumah. Sedangkan untuk atapnya, terbuat dari daun ilalang kering yang ditata rapi sehingga membentuk kerucut. Di Wae Rebo sendiri hanya terdapat 7 buah rumah kerucut yang sangat ionik. 

5.    Kopi Wae Rebo, Kopi Terenak di Dunia


Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan ketika berkunjung ke Wae Rebo adalah mencoba menikmati kopi khas Wae Rebo. Kopi Wae Rebo ditanam di atas ketinggian 1000 mpdl. Kopi ini benar-benar ditanam secara organik dengan memanfaatkan kearifan alam Wae Rebo. Jenis kopi yang ditanam masyarakat Wae Rebo antara lain kopi robusca,arabica, dan colombia. 

Itulah fakta unik Wae Rebo. Bagaimana Anda tertarik untuk berkunjung ke Desa Wae Rebo? Turis asing saja selalu memimpikan untuk dapat berkunjung ke Wae Rebo. Masa Anda mau ketinggalan pesona kebanggaan Indonesia yang satu ini. Yuk, segara menabung dan sempatkan berkunjung ke desa tercantik di Indonesia ini minimal sekali seumur hidup.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Fakta Unik Wae Rebo, Desa Tercantik di Indonesia"

Posting Komentar