Beberapa Cara Penanaman Sawo


Beberapa Cara Penanaman Sawo
Bagian ini akan mengulas cara penanaman di media pembesaran sesudah bibit sawo diperoleh. Media pembesaran yang dimaksudkan di sini merupakan lahan pembesaran yang berupa kebun (tanah) dan lahan pembesaran yang berupa pot (tabulampot). Masing-masing dari cara penanaman ini mempunyai kelebihannya tersendiri.

Menanam buah dalam pot merupakan cara yang mudah dan menyenangkan untuk kau yang mempunyai lahan terbatas, sempit, atau bahkan cuma punya halaman rumah yang terlanjur dicor semen pula.


Keunggulan dari penanaman buah dalam pot diantaranya yakni ekonomis tempat, gampang dalam melaksanakan perawatan, dan sekaligus penghias halaman rumah (biasanya demikian).

Meski di dalam pot, namun kalau kau menanam sawo dengan nutrisi tepat, maka pohon sawo milikmu juga dapat berbuah lebat lho. Memang sih flora ini nantinya tidak akan tumbuh segede kalau kau menanam pohon sawo di kebun sehingga produksi buahnya juga terbatas kecuali kalau kau punya ratusan flora sawo yang kau tanam dalam pot.

Sementara kalau kau menentukan untuk menanam bibit sawo di kebun, maka pohon sawo milikmu tersebut nantinya akan menjadi investasi yang tidak mengecewakan lho. Bahkan kalau kau hanya punya dua pohon saja, kalau suah ekspresi dominan berbuah, percayalah akan ada tengkulak buah yang menawar buahnya.

Pohon sawo yang ditanam di kebun akan tumbuh besar dan lebat lantaran pohon tersebut tidak akan pernah kehabisan nutrisi dan ini terang berbeda dengan menanam di dalam pot yang menuntut kita untuk mengganti media tanam secara bersiklus semoga flora selalu mendapat nutrisi.

Berikut ini merupakan rincian tata cara menanam bibit sawo di kebun dan di dalam pot sebagai lahan pembesarannya:

Penanaman Bibit Sawo Di Kebun
  • Sebelum memindahkan bibit sawo yang mula-mula tumbuh di dalam polybag ke dalam lahan pembesaran, sebaiknya kau mempersiapkan dahulu beberapa tahap ini:
  • Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 2 meter, panjang 1,5 meter, dan lebar 1,5 meter.
  • Diamkan dahulu lubang tersebut selama dua ahad semoga gas-gas yang tersimpan dalam tanah menguap dan permukaan tanah galian bebas hama penyerang akar alasannya yakni sudah dijemur selama dua minggu.
  • Isi lubang tanam dengan media tanam yang berupa adonan tanah, pasir halus, dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1.
  • Jarak untuk masing-masing lubang tanam sebaiknya agak jauh, yakni 5-6 meter. Makin jauh makin anggun lantaran nantinya pohon ini akan didesain semoga tidak tumbuh terlalu tinggi ke atas, melainkan menyamping sehingga mempermudah pemanenan.
  • Setelah semua lubang tanam siap, maka pindahkan bibit sawo. Robek polybag dengan hati-hati semoga tanah dan akar tidak berantakan. Tanam pada media pembesaran dengan kedalaman menyesuaikan tinggi tanah dari penanaman di dalam polybag. Ratakan permukaan tanah dan padatkan dengan menyiramkan air.
  • Jika tanah dalam lubang penanaman ambles sesudah disiram dengan air, isi lagi dengan media tanam sampai rata atau sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah.
Penanaman Bibit Sawo Dalam Pot

Seperti halnya menanam sawo di kebun, menanam sawo dalam pot juga harus dipersiapkan dengan matang semoga akhirnya optimal. Berikut langkah-langkahnya:
  • Gunakanlah pot ukuran jumbo, minimal yang punya diameter 60 cm dengan tinggi minimal 80 cm untuk mendapat hasil yang memuaskan.
  • Isi pot tersebut dengan media tanam berupa tanah, pasir halus, dan pupuk sangkar dengan perbandingan 1:1:1:1. Media lain yang dapat dipakai yakni sekam bakar atau cocopeat atau keduanya sehingga perbandingannya menjadi 1:1:1:1:1.
  • Siramkan pupuk cair organik atau mikroorganisme pengurai komplemen dan jangan ditanami dahulu sebelum media tanam tersebut didiamkan selama dua minggu.
  • Pindahkan bibit dari dalam polybag ke dalam pot dengan hati-hati.
  • Siram dengan air.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Cara Penanaman Sawo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel