Beberapa Jenis Rambutan Yang Ada Di Indonesia

Pasti kau sudah tidak ajaib dengan nama rambutan yang satu ini. Yak, buah rambutan binjai merupakan salah satu jenis buah rambutan unggulan yang mempunyai rasa manis, daging tebal dan simpel sekali dipisahkan dari bijinya. Ukuran dari buah ini juga relatif besar. Jika sudah matang kulit buah rambutan binjai ini berwarna merah sampai merah tua.

BEBERAPA JENIS RAMBUTAN YANG ADA DI INDONESIA BEBERAPA JENIS RAMBUTAN YANG ADA DI INDONESIA
Rambutan Binjai

Rabutan Rapiah

Ada lho buah rambutan yang masih berwarna hijau meskipun sudah matang. Nama dari buah rambutan ini ialah rambutan rapiah.

Berbeda dengan rambutan jenis lain, buah ini mempunyai rambut yang sangat jarang dengan ukuran yang tebal. Tanpa harus menjelma merah, buah ini sudah matang lho sebenarnya. Rasa buahnya sangat bagus dan daging buahnya sangat simpel dipisahkan dari bijinya. Sayangnya, buah rambutan ini berukuran relatif kecil.

Rambutan Sinyonya

Buah rambutan sinyonya merupakan buah rambutan yang kurang terkenal alasannya ialah rasa buahnya yang mayoritas dengan rasa asam dan daging buahnya lengket dengan biji sehingga rambutan ini susah dimakan.

Rambutan Narmada

Lombok, Nusa Tenggara Barat juga mempunyai salah satu jenis buah rambutan unggulan, yakni buah rambutan Narmanda. Buah ini akan berwarna kuning kemerahan jikalau sudah matang, rasanya manis, kulit buahnya kenyal dan simpel dipisahkan dari bijinya.

Rambutan Kapulasan

Inilah beliau si buah rambutan yang tidak berambut alias gundul. Meskipun gundul, buah ini sangat bagus dengan daging buah yang kenyal dan sangat simpel dipisahkan dari bijinya.

Jika sudah matang, kulit buah ini berwarna merah bau tanah dengan tonjolan kecil-kecil (tonjolan yang berbentuk bonggol rambut rambutan). Sayangnya, buah ini berukuran relatif kecil jikalau dibandingkan dengan buah rambutan jenis lainnya.

Rambutan Garuda

Salah satu jenis buah rambutan yang oke, rasanya manis, dagingnya tebal, dan ukurannya besar ialah rambutan garuda. Buah ini merupaka salah satu hasil alam tempat sungai Andai, Kalimantan Selatan.

Rambutan Si Batuk Ganal

Daerah sungai Andai, Kalminantan Selatan memang kaya akan beberapa jenis rambutan unggulan, salah satunya ialah rambutan si batuk ganal.

Buah rambutan jenis ini mempunyai warna kulit merah kekuningan jikalau sudah matang. Dagingnya cukup banyak mengandung air, tetapi juga sangat simpel dipisahkan dari bijinya sehingga rasa bagus dan kelembutan dagingnya selalu menciptakan lisan susah berhenti mengunyah rambutan si batuk ganal.

Rambutan Lebak Bulus

Daerah Lebak Bulus, Pasar Minggu, Jakarta ternyata mempunyai salah satu jenis buah rambutan yang sangat cocok untuk dijadikan manisan atau buah kalengan.

Nama dari rambutan jenis ini ialah rambutan lebak bulus; sesuai dengan tempat asalnya. Jika sudah matang, rambutan ini berwarna jingga dengan ujung rambut yang hijau kekuningan. Rasa buahnya cukup segar; bagus dengan nuansa sedikit asam.

Rambutan Antalagi

Rambutan antalagi boleh dibilang sebagai salah satu rambutan terbaik alasannya ialah rasa buahnya yang bagus dan aromanya yang kuat.

Bentuk dari buah rambutan antalagi ini sedikit lonjong dan pipih. Kulit rambutan antalagi ini mempunyai sedikit rambut pendek dan kalau sudah matang maka warna kulitnya akan menjelma hijau kekuningan dan jingga (warna finalnya). Rambutan ini berasal dari Kalimantan Barat, tepatnya tempat sungai Andai.

Rambutan Bahrang

Rambutan Bahrang boleh dibilang sebagai salah satu buah rambutan yang rambutnya gondrong. Ketika buah ini matang, warna kulitnya akan menjadi jingga kemerah-merahan, warna dagingnya agak sedikit kekuningan, lembap dan rasanya sangat manis. Rambutan Bahrang ini berasal dari tempat Langkat, Sumatra Utara.

Rambutan Si Bongkok

Bentuk buah dari rambutan si bongkok ini boleh dibilang agak bongkok; buah ini berukuran relatif besar, agak lonjong, berkulit hijau kekuningan dengan rambut halus jingga kemerahan.

Daging buah rambutan sibongkok ini kenyal, lembut, bagus dan simpel terpisah dari bijinya. Buah rambutan sibongkok ini merupakan salah satu rambutan unggulan Kalimantan Selatan, khususnya di tempat asal buah ini, yakni tempat Sungai Luhut.

Rambutan Cimacan

Sesuai dari namanya yang berawalan ‘Ci’, buah rambutan yang satu ini terang berasal dari jawa barat, tepatnya dari tempat Cianjur.

Rambutan cimacan ini kurang diminati di pasaran karena simpel amis (karena terlalu cepat matang), sehigga yang jualan ndak mau. Sebenarnya buah ini merupakan buah yang bagus lho. Dagingnya lembut, tidak terlalu berair, dan kulitnya tipis dengan sedikit rambut.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Jenis Rambutan Yang Ada Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel