Tips Singkat Menanam Buah Leci Si Buah Anggun Dan Wangi


Dulu, boleh jadi, kita mengenal leci sebagai buah kaleng. Ya, leci seringkali dibeli dalam kemasan kaleng dengan rasa cantik karena diawetkan dengan air gula. 


Namun, kini, leci juga sanggup diperoleh dalam kondisi segar. Pasalnya, buah dengan kulit berwarna merah ini sudah mulai dibudidayakan di negeri ini. 



TIPS SINGKAT MENANAM BUAH LECI SI BUAH MANIS DAN WANGI TIPS SINGKAT MENANAM BUAH LECI SI BUAH MANIS DAN WANGI

Meski habitat orisinil buah dengan nama latin Leachi Chinensis tersebut ialah tempat beriklim subtropis, namun tumbuhan ini sanggup dibudidayakan di Indonesia. Selama ini, leci banyak ditanam di China, India, Madagaskar dan lainnya. 

Leci sanggup tumbuh dengan baik di udara sejuk dengan cukup banyak air. Namun, jangan biarkan air hingga menggenang. Dataran tinggi dengan ketinggian lebih dari 700 meter di atas permukaan bahari merupakan tempat yang cocok untuk pertumbuhan leci. Adapun, suhu udara yang baik sekitar 90 C - 190 C selama trend hujan dan 250 C - 330 C selama trend kemarau. 

Ketika ingin menanam buah leci yang dimulai biji, maka perlu dilakukan dengan mengambil biji yang berasal dari buah leci yang sudah renta dan berasal dari silsilah pohon yang sehat dan juga berbuah lebat.

Langkah selanjutnya yaitu mengambil bijinya kemudian melaksanakan penjemuran di terik matahari selama 1 hari untuk mengurangi kandungan kadar airnya.

TIPS SINGKAT MENANAM BUAH LECI SI BUAH MANIS DAN WANGI TIPS SINGKAT MENANAM BUAH LECI SI BUAH MANIS DAN WANGI



Untuk mempercepat pada proses tunas, lakukanlah pendinginan biji leci menyerupai cara ketika menanam bunga mawar.

Biji leci kemudian ditempatkan pada kertas tissue dan kemudian diletakkan di lemari pendingin selama kurang lebih 3 hari (tetapi jangan di freezer).

Selanjutnya siapkan media untuk penyemaian memakai media polybag yang telah diisi dengan adonan tanah serta pupuk kandang.

Kemudian biji dikeluarkan dari dalam lemari pendingin kemudian langkah selanjutnya yaitu menanam biji pada media semai yang sudah disiapkan.


Letakkanlah media semai di area yang cukup teduh, tetapi diusahakan tetap terkena sinar matahari.

Penyiraman dilakukan dengan memakai spray dengan tujuan menjaga kelembaban dari media semai dan membantu percepatan tunas.

Bibit buah leci harus dirawat secara baik biar mendapat bakal pohon yang sehat dan mempunyai batang yang kuat.

Bibit dari hasil semai biji tersebut sanggup ditanam di lahan tanam permanen kalau tingginya sudah mencapai 50cm.

Menyiapkan Lahan Tanam

Tanaman buah leci ini sangat menyukai tanah dengan tipe gembur dan subur. Maka ketika menanam area harus ditentukan dengan tepat biar mendapat tumbuhan buah leci yang mempunyai buah yang lebat.

Ketika ingin menanam tumbuhan buah leci di dalam pot, maka pot harus disiapkan dengan ukuran yang besar atau sanggup juga memanfaatkan drum bekas yang telah dipotong.

Lalu isi pot dengan adonan tanah gembur serta pupuk sangkar dengan volume perbandingan 1:1.

Jika ingin menanam buah leci didalam pekarangan rumah, maka pilih area yang paling subur, mendapat sinar matahari yang baik, dan juga tidak tergenang air ketika hujan.

Buat lubang tanam dengan ukuran sekitar 60cm x 60cm dan kedalaman 50cm. Isi lubang tersebut dengan pupuk sangkar hingga 2/3 bagiannya terisi.

Biarkan lubang tanam tersebut selama 2 ahad sebelum kemudian ditanami biar pupuk sangkar sanggup terserap dengan sempurna. 

Menanam Bibit Buah Leci

Bibit buah leci hasil penyemaian biji sanggup dipindahkan ketika telah mencapai sekitar 50cm.

Untuk memindahkan bibit kedalam lubang tanam (pot ataupun halaman rumah), maka perlu dilakukan penyiraman dahulu supaya memudahkan dalam melepas polybag semaian.

Robek polybag memakai pisau, kemudian pisahkan bibit beserta dengan tanah semaian.

Masukkan bibit dalam pot ataupun lubang tanam yang sudah disediakan, kemudian tutup dengan memakai sisa tanah yang telah ada. Lalu lakukan penyiraman sehabis bibit simpulan ditanam.

Melakukan Perawatan Tanaman Buah Leci

Pada langkah perawatan tumbuhan buah leci cukup dengan melaksanakan penyiangan serta pemupukan ulang memakai pupuk kandang.

Pemupukan dianjurkan dilakukan tiap 3 bulan sekali pada 2 tahun awal supaya pohon leci cepat tumbuh.

Pemupukan sanggup juga memakai pupuk kimia, namun dosisnya tidak perlu terlalu banyak dan jangan memupuk terlalu akrab dengan pangkal pohonnya. Berik jarak sekitar 20cm dari pangkal pohon buah leci.

Lakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam 1 hari pada awal masa tanam. Ketika trend hujan, penyiraman sanggup dikurangi atau ditiadakan menyesuaikan tingginya curah hujan.

Masa Panen Buah Leci

Masa panen dari buah leci tepatnya sekitar 4-5 tahun sehabis masa penanaman. Namun bibit buah leci yang telah banyak dikembangkan ketika ini sanggup menghasilkan buah pada umur kurang lebih 3 tahun.

TIPS SINGKAT MENANAM BUAH LECI SI BUAH MANIS DAN WANGI TIPS SINGKAT MENANAM BUAH LECI SI BUAH MANIS DAN WANGI

Hasil Panen Tanaman Buah Leci

Pemanenan buah leci sanggup dilakukan dengan memotong tangkai buahnya. Buah leci yang matang akan terasa lebih lunak ketika ditekan.

Supaya yakin ketika melaksanakan pemanenan sebaiknya ambil sampel buah untuk dites tingkat kematangannya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Singkat Menanam Buah Leci Si Buah Anggun Dan Wangi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel