5 Cara Sederhana Menghindarkan Padi Dari Hama Burung

Gambar : Google
Tanaman padi merupakan jenis tanaman pangan paling banyak ditanam di Indonesia. Wajar saja hal tersebut kita temukan, lantaran memang masakan pokok masyarakat Indonesia secara umum yaitu beras.

Petani menanam padi hingga sanggup memanennya memerlukan waktu kurang lebih 90 – 100 hari. Selama menunggu waktu panen tersebut, petani senantiasa merawat tanam padi dengan banyak sekali cara. Mulai dari pengaturan pengairan, pemupukan, penyemprotan pestisida dan santunan tanaman padi dari hama burung saat trend berbuah.

Hama burung yang biasa memakan biji padi yaitu hama burung pipit. Burung tersebut memakan padi dengan cara bergerombol. Jika hal tersebut tidak ditanggulangi, maka kemungkinan besar produktivitas padi anda akan semakin berkurang.

Ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan untuk mengindarkan padi dari hama burung. Cara tersebut merupakan cara sederhana yang sanggup anda lakukan sawah milik anda. Bagaimana caranya, berikut ini akan saya sajikan ulasan singkat cara mengindarkan padi dari hama burung.

1. Memasang orang-orangan sawah
 
Nah cara sederhana ini memang  terbilang lucu, lantaran kita tinggal menciptakan boneka yang terbuat dari materi sederhana mirip alang-alang atau materi lainnya yang mirip orang. Orang-orangan tersebu juga tidak lupa dipakaikan dengan pakaian. Anda sanggup menggunakan pakaian bekas. Agar terlihat mencolok anda sanggup memakaikan dengan warna yang cerah, mirip merah, kuning, jingga dan warna lainnya. Sehingga saat burung meliihat orang-orangan sawah tersebut akan terkejut dan menciptakan mereka sedikit takut untuk hinggap pada tanaman padi milik anda.

2. Membentangkan tali rapia atau serat kaping

Setelah anda menciptakan orang-orangan sawah, menghalau burung pada tanaman padi sanggup dilakukan dengan membentangkan tali rapia atau serat kaping. Biasanya kalau saya menggunakan serat kaping.

Kenapa serat ini yang saya pilih, lantaran saat serat kaping tersebut tertiup angin, maka akan mengeluarkan bunyi yang mendengung. Tentunya bunyi itu menciptakan burung takut untuk turun dan memakan padi.

Cara membuatnya tidaklah sulit. Anda tinggal mencari sebuah kaping bekas pembungkus pupuk, lalu lepas, sehingga sanggup kita temukan seratnya. Setelah serat tersebut kita dapatkan, langkah berikutnya tinggal membentangkan tali tersebu di pematang sawah.

Sebelum anda membentengkan tali tersebut pada petak sawah, teelebih dahulu anda harus memancangkan bambu atau kayu sebagai daerah untuk mengikatkan tali tersebut.

3. Memagari tanaman padi dengan tanaman yang berbunga . 

Cara berikutnya sanggup anda coba aadalah dengan memagari tanaman padi dengan banyak sekali jenis bunga. Bunga-bunga yang sanggup anda coba yaitu jenis bunga matahari, lantaran jenis bunga ini mempunyai ukuran batang yang sangat tinggi.

4. Menggunakan jaring sebagai perangkap

Dalam pertanian, perangkap memang mempunyai banyak manfaat, termasuk untuk mengurangi hama burung yang mengganggu padi.

Anda sanggup menggunakan Perangkap  untuk mengendalikan hama burung berupa jaring khusus penangkap burung atau bekas jaring penangkap ikan.  Petani sanggup menancapkan beberapa kayu atau bambu di pematang sawah. K.emudian, jaring diikatkan ke kayu atau bambu tersebut dengan posisi jaring membentang, hampir sama dengan pemasangan serat kaping yang saya sampaikan sebelumnya

cara ini kadang biaya ya : ng besar alasannya petani harus membeli jaring perangkap yang harganya pun tidaklah murah. Namun, melihat manfaat yang didapat tidak ada salahnya petani mencoba, lagian perangkap jaring tersebut sanggup digunakan kembali di trend tanam berikutnya.

5. Menggunakan bahan-bahan alami yang berbau tajam

Siapa sih yang tahan dengan bacin menyengat? demikian halnya dengan burung. Untuk mengindarkan tanaman padi dari hama burung anda sanggup mencoba dengan cara memasang benda berbau tajam namun yang alami pada pematang sawah.

Anda tidak perlu menyemprotkan akan tetapi dengan meletakkannya saja. Anda sanggup menggunakan rendaman jengkol sebagai materi untuk mengusir hama burung.

Caranya masukkan air rendaman jengkol ke dalam botol yang nantinya akan diletakkan di beberapa sudut sawah. Selain itu, air rendaman jengkol tersebut juga sanggup disemprotkan ke tanaman padi.

nah, demikian ulasan sederhana yang sanggup saya bagikan kali ini semoga bermanfaat. Salam .

*)daftar pustaka: http://paktanidigital.com

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Sederhana Menghindarkan Padi Dari Hama Burung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel