Ada Cara Sederhana Mengurangi Hama Tanpa Pestisida


Hama memang menjadi musuh bagi para petani. Bagaimana tidak tumbuhan yang diserang hama tentu akan menurunkan produktivitas tanaman. Tanaman akan terjangkit penyakit dan ujung-ujungnya mengalami gagal panen .

Menghadapi insiden menyerupai ini menciptakan petani mencari banyak sekali macam cara untuk membasmi hama. Dan tidak sedikit petani menggunakan cara instan yaitu dengan menggunakan pestisida.

Ada keuntungnnya memang, membasmi hama dengan cara menggunakan pestisida. Yang paling terlihat yaitu sanggup membunuh hama dengan cepat. Akan tetapi dibalik semua itu, petani juga mengalami kerugian. Salah satu yang paling dirasakan ialah kalau pestisida digunakan dalam jangka waktu yang usang maka hama akan kebal dengan racun tersebut.

Selain itu juga cara membasmi hama dengan menggunakan pestisida juga berbahaya bagi si petani itu sendiri dan juga kelestarian alam. Racun pestisida akan meresap dalam tanah dan mengurangi tingkat kesuburan tanah .

Tidak hanya itu hama yang terpapar pestisida tersebut dan berhasil selamat akan tumbuh menjadi hama yang kebal akan penyakit. Tentunya cara tersebut hanya akan memperkuat hama.

Sebagai petani yang modern serta menguasai perkembngan teknologi dan informasi, maka petani harus bisa mencari dan menemukan bagaimana penanggulangan tumbuhan dari hama penyakit.

Jika anda kreatif ada banyak sekali berbagai cara bisa dikakukan untuk mengurangi serangan hama pada tumbuhan anda. Dengan penurunan serangan hama maka produktivitas tumbuhan anda bisa ditijgkatkan sehingga hasil panen pun akan berlimpah.

Penanggulangan tumbuhan dari hama sudah banyak beredar caranya di media massa. Mulai dari cara alami sampai cara cepat menggunakan pestisida sesuai dengan tawaran sehingga kondusif bagi lingkungan dan diri sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini penulis mau membagikan bagaimana cara membasmi hama dengan cara alami, sehingga kondusif bagi diri sendiri dan lingkungan.

Sesuai dengan penhalaman yang penulis alami serta memnaca beberapa literasi di media online sanggup disimpulkan kalau hama sangat tertarik pada warna-warna yang cerah dan tajam.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan teenyata warna yang paling menarik bagi serangga ialah warna kuning, merah, hijau dan hijau tua.

Cara menurunkan serangan hama yang akan saya bagikan disini merupakan cara alami tanpa menggunakan pestisida. Bagaimana caranya? sederhana saja :

Pertama 
Siapkan kertas berwarna cerah, bisa menggunakan warna merah, kuning, dan jingga.Kertas tersebut bisa anda potong dengan ukuran 10 x 10

Kedua
Potongaa kertas tersebut lalu di lapisi dengan lem tikus, anda bisa menyesuaikan jenis lem yang akan digunakan. Berdasarkan pengalaman saya, lem cap Gajah mempunyai daya rekat yang superkuat dan juga bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Ketiga
Siapkan bambu atau pun kayu dengan tinggi kurang lebih, 1 - 1,5 meter. Pacangkan di setiap bedengan tumbuhan anda. Cara ini bisa anda gunakan pada tumbuhan sayuran. Seperti, cabai, bawang dan sayur hijau.

Keempat
Ikatkan kertas berwarna yang sudah dilumuri lem tersebut pada batang bambu atau kayu yang sudah anda pancangkand di sekitar tanaman. Dalam beberapa hari, maka serangga dan jenis hama lainnya akan tertarik untuk hinggap pada ketas berwarna cerah tersebut. Jika, mereka tertarik maka akan melekat pada lem tersebut.

Cara sederhana untuk mengurangi hama tanpa pestisida ini memang tidak memerlukan biaya yang mahal. Hal tersebut menjadi kelebihan dari cara penanggulangan hama tanpa pestisida ini.

Kekurangannya kalau menggunakan cara sederahan tersebut ialah kurang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Belum lagi kalau terpengaruh oleh kondisi cuaca, menyerupai hujan. Maka lem yang anda pasang disana tidak akan bisa bertahan lama.

Kendatipun demikian, seharusnya kita sebagai petani mengupayakan pengendalian hama dengan menggunakan cara sederhana bebas dari pestisida. Salah satunya dengan cara sepeti yang kami sajikan disini.

Demikian ulasan terkait dengan cara sederhana dalam mengurangi hama tanpa menggunakan pestisida. Semoga bermanfaat dan bisa mengatasi dilema hama yang sedang anda alami di persawahan maupun perkebunan anda.

Wasalam !

Belum ada Komentar untuk "Ada Cara Sederhana Mengurangi Hama Tanpa Pestisida"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel