Ayo Cari Tahu Keuntungannya Bercocok Tanam Bagi Kehidupan


Sumber gambar : Google
Sekarang ini mungkin tidak banyak orang yang mau bercocok tanam. Apalagi harus bekerja di sawah dibawah terik panas matahari. Kadang dibawah guyuran hujan, para pelaku dunia pertanian memang berdasarkan saya layak disebut jagoan pangan.

Persepsi orang untuk bercocok tanam hanya dilakukan di sawah dan diperkebunan saja. Padahal kawasan untuk bercocok tanam tidak hanya dilakukan pada kawasan tersebut. Masih banyak lahan lain yang bisa kita gunakan, ibarat : pekarangan rumah, sekolah hingga beberapa kawasan di perkantoran .

Mungkin Anda kurang sependapat dan berkata "apa mungkin bercocok tanam di sekolah apalagi di kantoran? Ah dasar..... "

Mungkin Anda akan berkata demikian. Namun kita haris tetap optimis, kalau bercocok tanam bisa dilakukan di mana saja. Asalkan ada media dan flora yang kondusif di tanam.

Lihat saja sistem pertanian dengan media tanpa tanah yang sering disebut hidroponik. Bisa dilakukan dimana saja, jadi yang terpenting ialah kemauan kita untuk bercocok tanam.

Kaprikornus bisa atau tidaknya bercocok tanam tergantung dari semangat dan keuletan kita sendiri.

Pada dasarnya bercocok tanam menunjukkan manfaat yang cukup besar bagi kehidupan kita. Tidak hanya sebagai penyedia kebutuhan akan pangan , bercocok tanam juga menunjukkan manfaat diantaranya ;

1. Usaha ekonomi
Bercocok tanam yang Anda lakukan jikalau memang sudah didasar atas niat yang lapang dada dan penuh dengan keayikanan niscaya akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Demikian halnya dengan bercocok tanam. Meskipun Anda melaksanakan aktivitas tersebut pada lahan yang terbilang minimal ibarat di pekarangan misalnya, tetap semua itu bisa kita jadikan sebagai salah satu bentuk perjuangan Ekomoni.

2. Kebutuhan Pangan terpenuhi 
Usaha pertanian sebaiknya dikelola dengan optimal, dengan begitu kekuatan pangan kita akan semakin membaik .

Kebutuhan akan pangan tidak terlepas dari hasil pertanian, untuk itu aktivitas pertanian sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan pangan. Dengan memanfaatkan lahan di sekitar kita sebagai kawasan untuk bercocok tanam, maka akan bisa memenuhi kebutuhan pangan harian kita. Meskipun hal tersebut hanya sebatas untuk memenuhi, kebutuhan dapur kita.

3. Pelestarian lingkungan
Dengan anda bercocok tanam di lingkungan sekitar maka anda sudah ikut berperan serta dalam pelestarian lingakungan. Membuat lingkungan hijau akan membawa kesegaran dengan udara higienis yang senantiasa akan kita hirup.

Anda tentu bisa perhatikan bagaimana keindahan sawah-sawah yang dipenuhi dengan flora membentang luas dengan warna hijau hingga kekuningannya. Begitu indah jikalau kita melihat pemandangan demikian.

Nah, teman hanya demikian manfaat bercocok tanam yang bisa penulis sampaikan kali ini. Semog  bermanfaat !

Belum ada Komentar untuk "Ayo Cari Tahu Keuntungannya Bercocok Tanam Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel