Bacaan Ramadhan Dan Artinya

 Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka puasa kita tidak sah alasannya tidak memenuhi syara Bacaan  Ramadhan Dan Artinya
Bacaaan Ramadhan. Niat puasa merupakan salah satu rukun dalam puasa ramadhan. Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka puasa kita tidak sah alasannya tidak memenuhi syarat rukun puasa. Adapun bacaan niat sebelum kita melakukan puasa terdapat beberapa pendapat tentangnya.

Pendapat pertama: Beranggapan bahwa niat tersebut terdapat di dalam hati kita sehingga tidak perlu dilafadzkan, dengan kata lain niat sanggup dilaksanakan dengan cara menyadari dengan hati dan fikiran mengenai acara apa yang hendak dikerjakan, dalam konteks ini berarti menyadari dalam hati dan fikiran bahwa dirinya akan mengerjakan ibadah puasa ramadhan.

Pendapat kedua: beranggapan bahwa niat dalam mengerjakan sesuatu khususnya dalam melakukan rukun puasa memang ada lafadznya akan tetapi bacaan tersebut cukup dibaca dalam hati saja. Dengan kata lain lafadz niat berpuasa ramadhan cukup kita kerjakan atau kit baca dalam bhati (di batin saja).

Pendapat ketiga: beranggapan bahwa niat itu ada lafadznya dan wajib kita ucapkan secara mulut dan batin. Dengan kata lain lafadz niat puasa ramadhan wajib kita lakukan baik secara mulut maupun di dalam hati.

Bagi penulis sendiri dari ketiga pendapat di atas lebih menentukan pendapat yang terakhir yang menyatakan bahwa niat hendaknya kita ucapka dengan mulut dan meyakini dengan hati. Hal ini penulis pilih alasannya pendapat ketiga tersebut secara logika sanggup meliputi dua pendapat sebelumnya.

Adapun lafadz bacaan niat puasa ramadhan yakni sebagai berikut:

 Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka puasa kita tidak sah alasannya tidak memenuhi syara Bacaan  Ramadhan Dan Artinya




Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala.
Artinya :   ” Aku niat berpuasa esok hari utk menunaikan kewajiban bulan ramadhan tahun ini alasannya Allah Ta’ala “. 
Bacaan niat di atas merupakan lafadz arab niat puasa wajib di bulan ramadhan dan artinya. Sementara dalam mengakhiri puasa atau berbuka puasa kita juga mengenal doa berbuka puasa, adapun bacaan berbuka puasa ramadhan yakni sebagai berikut:
 Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka puasa kita tidak sah alasannya tidak memenuhi syara Bacaan  Ramadhan Dan Artinya




Allahumma laka Shumtu wabika aamantu wa’ala risqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin. 
Artinya :  ” Ya Allah alasannya engkau saya berpuasa & kepada engkau saya beriman & atas rezeki yang engkau beriman saya berbuka, dengen rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih dari semua yang pengasih “. 
Demikian artikel mengenai bacaan niat puasa ramadhan dan artinya, biar sanggup menawarkan pengetahuan dan pemahaman mengenai salah satu rukun puasa.

Belum ada Komentar untuk "Bacaan Ramadhan Dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel