Bisnis Sewa Traktor


Musim tanam padi sudah mulai di desa saya. Petani mulai mengairi sawah-sawah mereka dengan air yang sudah bisa dengan gampang diperoleh.

Jenis padi yang ditanam cukup beragam. Kebetulan orang bau tanah aku menanam jenis bibit padi Sierang. Mungkin aku akan ulas pada artikel berikutnya.

Jika ekspresi dominan tanam padi sudah tiba, maka beberapa jenis pekerjaan jasa pertanian mulai menggeliat. Salah satunya yang paling laku yaitu penyewaan jasa traktor.

Kini warga di desa aku sudah mulai jarang memakai sapi atau kerbau untuk membajak sawah. Padahal membajak sawah dengan memakai kerbau sangatlah unik dan tentunya ramah lingkungan. Selain itu pula, membajak sawah dengan cara tradisonal yaitu salah satu bentuk pelestarian budaya tempat setempat.

Membajak sawah dengan traktor sudah mulai dilaksanakan sekitar lima tahun terakhir. Kemudahan yabg ditawarkan teknologi ini menciptakan para persnie tertarik untuk menggunakannya. Namun, dengan harga yang tidak murah banyak petani yang tidak bisa membelinya. Bahkan untuk berkelompok sekalipun.

Semua bisa terwujud sesudah salah seorang petani bisa membeli traktor meskipun tidak gres lagi. Kini petani tersebut mulai menunjukkan jasanya kepada semua petani di lingkungan desa saya.

Bahkan tahun ini pula, orang bau tanah aku menyewa jasa traktor. Dengan luas tanah 22 are, jasa traktor dibayar dengan harga 300 ribu rupiah hingga lahan pertanian tersebut sudah siap untuk ditanami padi.

Nah teman tani, dari pengalaman tersebut diatas, apakah anda berminat untuk memulai perjuangan tersebut. Memang cukup menjanjikan namun penghasilan dari melaksanakan jasa tersebut tidak bersifat rutin melainkan musiman.

Meskipun demikian, kita masih tetap bisa melakoninya sambil membantu warga dalam mempersiapkan lahan pertaniannya. Selamat mencoba dan supaya sukses.

Belum ada Komentar untuk "Bisnis Sewa Traktor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel