Budidaya Gurame Dalam Bak Terpal

 Ikan gurame yaitu ikan yang hidup di air tawar yang pembubidayaannya tidak memerlukan pr BUDIDAYA GURAME DALAM KOLAM TERPAL
Budidaya Gurame dalam Kolam Terpal - Ikan gurame yaitu ikan yang hidup di air tawar yang pembubidayaannya tidak memerlukan proses yang rumit. 

Ikan ini juga banyak digemari oleh semua kalangan. Untuk anda yang ingin budidaya ikan gurame, anda dapat mencoba memakai terpal sebagai alternatif kolam alasannya yaitu kolam terpal akan lebih gampang dibersihkan daripada kolam tanah.


Cara Budidaya Ikan Gurame di Kolam Terpal


Untuk budidaya ikan gurame memakai kolam terpal, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

1.     Pembuatan kolam

Kolam dapat anda buat dgn menggali tanah pada kedalaman tertentu. Lalu masukkan terpal di atasnya. Rangkanya dapat anda buat dari besi atau kayu. Untuk hasil yang lebih baik, sebaiknya jangan eksklusif gunakan terpal sesudah pembelian. 

Bersihkan terpal terlebih dahulu supaya kandungan kimia pada terpal hilang. Setelah anda memasang terpl, sebaiknya taburi sedikit garam supaya kuman yang tersisa dapat mati.


Penebaran Bibit

Setelah kolam siap, selanjutnya yaitu penebaran benih. Untuk benih, anda dapat melaksanakan pemijahan sendiri atau membeli benih yang sudah siap. Pilihlah benih yang sehat dan terhindar dari penyakut. 

Dalam penebaran benih, jangan eksklusif memasukkan ikan ke kolam. Masukkan ikan beserta kantong plastik sebelumnya perlahan-lahan supaya ikan menyesuaikan suhu sebelumnya dgn suhu kola, sesudah itu, buka kantong plastik perlahan-lahan dan lepas ikan ke kolam terpal anda.

PemBerian Pakan

Saat kecil, beri pakan gurame dgn cacing sutra atau kutu air. Setelah dewasa, anda dapat memberi makan dgn pelet dan daun-daunan. Daun-daunan menyerupai kangkung, daun pepaya, dan daun ubi jalar akan meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan ikan gurame anda.

Jika anda ingin mendapat panen yang maksimal utk budidaya ikan gurame anda, sebaiknya selalu perhatikan kebersihan kolam anda. Kotoran ikan dan pakan yang tidak tergoda mengandung amonia yang berbahaya utk ikan. 

Anda dapat melaksanakan pencucian kolam seminggu sekali dgn membuang air bawah kolam yang kotro dan menggantinya dgn yang bersih. Untuk kolam yang tidak terlalu kotor, anda dapat malakukannya 2 atau 3 ahad sekali. Kebersihan kolam akan menciptakan ikan gurame bebas dari penyakit dan tumbuh dgn baik.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Gurame Dalam Bak Terpal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel