Cara Memakai Pestisida Agar Kondusif Bagi Kesehatan

Dunia pertanian memang merupakan sektor pekerjaan yang mulai jarang digeluti oleh belum dewasa muda di negeri ini. Di kampung saya sendiri, tidak banyak anak muda yang mau bekerja sebagai petani. Kalau pun ada, itu hanyalah perjaka yang putus sekolah.

Bekerja sebagai petani sebetulnya juga membutuhkan kecakapan yang khusus. Dengan keterampilan tersebut, seorang petani akan bisa menunjukkan takaran pupuk yang sempurna dan cara merawat tanamannya yang benar. Bagaimana menciptakan pembibitan yang bagus, cara penanaman, menentukan ekspresi dominan tanam, dan bagaimana cara merawat tumbuhan yang baik merupakan beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang petani.

Cara merawat tumbuhan memang bisa dilakukan oleh petani siapapun tanpa melihat latar belakang pendidikannya. Namun, dibalik semua itu sebagai seorang petani juga harus bisa memakai alat-alat pertanian dan obat-obatan pertanian yang sempurna sesuai dengan takaran yang diperuntukkan.

Sehingga kesehatan lingkungan dan petani itu sendiri sanggup terpelihara dengan baik. Tentunya kita tidak menginginkan seorang petani yang hingga keracunan alasannya yaitu kecerobohannya dalam memakai pestisida.  Bisa juga seorang petani yang tidak tahu berapa takaran pupuk yang harus dipakai sehingga menghasilkan hasil pertanian yang efektif.

Menggunakan obat-batan dan pestisida pertanian memang diharapkan keterampilan dan pengetahuan dari seorang petani. Sehingga menyerupai kata saya tadi, kesehatan diri dan lingkungan pertanian bisa terjaga dengan baik.

Penggunaan pestisida memang masih sering kita temukan dibeberapa kalangan petani sebagai upaya untuk mengendalikan hama. Penggunaan pestisida penting diperhatikan petunjukkan semoga jangan menjadikan hal-hal yang tidak diinginkan.

Sikap beberapa kalangan petani selama ini ada yang memakai pestisida dengan takaran yang berlebihan. Tujuan mereka terang semoga hama yang menyerang tumbuhan bisa eksklusif mati.

Bahkan ketika melaksanakan penyemprotan terhadap hama dengan memakai pestisida, perilaku yang ditunjukan beberapa kalangan petani cenderung abai terhadap kesehatan. Apakah hal yang sama pernah anda temui dalam lingkungan pertanian disana?

Menggunakan pestisida yang kondusif bagi kesehatan diri sendiri dan lingkungan penting diperhatikan oleh para petani. Berikut ini akan saya bagikan bagaimana cara yang sanggup dilakukan petani dalam memakai pestisida yang kondusif bagi kesehatan diri dan lingkungan.

Pertama; Gunakan pestisida yang sudah memperoleh izin penggunaan dari pemerintah. Pestisida jenis ini sudah barang tentu sudah melalui serangkaian tes yang dilakukan oleh pemerintah, sehingga dikategorikan kondusif untuk digunakan.

Cara yang paling baik dipakai semoga lebih kondusif bagi kesehatan yaitu memakai pestisida dari materi organik. Biasanya di pasaran, pestisida jenis ini sudah ada yang menjualnya. Meskipun dengan harga yang relatif agak mahal.

Kedua ; Gunakan pestisida sesuai dengan takaran yang tertera pada label kemasan. Jangan hingga anda melebihi penggunaannya. Disamping itu juga frekuensi penyemprotan pestisida  selama masa tanam juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu sering menyemprotkan pestisida alasannya yaitu tidak kondusif bagi kesehatan lingkungan.

Ketiga ; Saat akan menyemprotkan pestisida gunakan perlengkapan pelindung badan menyerupai : tutup kepala, masker, sarung tangan, pakaian lengan panjang, celana panjang dan sepatu bout.  Masker paling penting dan jangan hingga anda lupakan ketika akan menyemprotkan pestisida.Karena dengan alat tersebut anda akan terhindar dari paparan pestisida, sehingga peluang pestisida terhirup oleh hidup akan lebih kecil.

Keempat ; Sehabis memakai pestisida, jangan dibiasakan membuang atau mencuci peralatan yang dipakai di sungai. Cara teraman yaitu anda mencucinya bukan pada kawasan itu. Kemasan atau botol pestisida yang sudah final dipakai jangan dibuang di sembarang tempat, apalagi hingga ke sungai.

Karena amat sangat berbahaya bila bekas botol dan kemasan pestisida tersebut hingga terbawa arus sungai, binatang dan banyak sekali jenis ikan yang ada di sungai akan terkena racun dan bisa menjadikan ancaman yang besar.

Pencemaran sungai dan rusaknya ekosistem sungai akan berdampak jelek bagi kelangsungan hidup habitat sungai.

Tata Cara Melakukan Penyemprotan Pestisida Agar Aman Bagi Kesehatan

Ketika anda akan melaksanakan penyemprotan, apalagi di persawahan yang tanamannya di tanam pada ruang terbuka dan tanpa ada pembuatan atap. Maka ketika anda akan menyemprot jangan hingga melawan arah angin.

Misalnya dikala anda akan melaksanakan penyemprotan, angin berhembus dari barat ke timur. Maka cara kondusif yang anda lakukan yaitu melangkah menyemprotkan pestisida dari barat ke timur juga. Sehingga, hembusan pestisida tidak akan mengenai wajah anda dan terhirup.

Sebaiknya penyemprotan pestisida dilakukan pada pagi hari. Pada waktu ini, angin tidak berhembus terlalu kencang.  Atau bisa juga anda memulai penyemprotan di sore hari yaitu antara pukul 15.00 – 18.00.  Tetapi itu bukanlah ketentuan baku yang harus ada tepati, semua itu hanya lah saran saja semoga kondusif bagi kesehatan diri anda.

Nah, teman pentingnya memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan dalam bekerja di pertanian memang teramat penting. Keseimbangan ekosistem perlu kita jaga, pengendalian hama yang paling kondusif yaitu dengan memakai cara-cara yang ramah lingkungan.

Mengurangi penggunaan pestisida memang amat diharapkan dalam pertanian organik. Jika hama sudah tidak bisa terelakan lagi, maka penggunaan pestisida mungkin menjadi salah satu cara mengendalikannnya.

Namun, dibalik semua itu diharapkan kebijakan dari para petani dalam memakai pestisida. Jangan alasannya yaitu ingin hasil yang lebih, maka kita cenderung mengabaikan kesehatan diri dan lingkungan kita. Makara tetap ya memperhatikan kesehatan dan kelestarian lingkungan dalam memakai pestisida.

Demikian ulasan singkat dari dan nantikan artikel menarik lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memakai Pestisida Agar Kondusif Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel