Cara Merawat Flora Pisang Supaya Berbuah Lebat


Pisang merupakan flora buah yang paling banyak dijumpai di Nusantara. Pisang salah satu buah yang tidak mengenal trend untuk berbuahnya. Kapan pun jikalau sudah waktunya berbuah pisang senantiasa menyuguhkan buahnya kepada petani.

Produktifitas pisang sanggup kita tingkatkan dengan melaksanakan perrawatan yang optimal. Akan tetapi dilapangan, para petani enggan melakukannya.

Pisang hanya ditanam begitu saja dan dibiarkan berkembang sendiri. Tanpa adanya perawatan tentu petani tidak akan memperoleh hasil yang maksimal dari flora pisang tersebut.

Merawat flora pisang yang banyak dilakukan di masyarakat menurut pengamatan penulis hanya sebatas proteksi pupuk kompos yang masih tercampur dengan sampah plastik.

Ditempat tinggal admin, flora pisang belum menjadi flora yang dibudidayakan secara khusus. Pisang hanya ditanam pada lahan-lahan yang kosong sekedar biar tidak gundul saja pada lahan tersebut.

Bagaimana cara merawat flora pisang yang benar biar berbuah lebat?

Merawat flora pisang sanggup dibilang gampang-gampang susah. Pisang merupakan jenis flora yang memerlukan kawasan tinggal yang agak lembab. Pisang berbuah tanpa mengenal musim, maka dari itu jikalau pisang tersebut dikembangkan dengan baik, akan menjadi sebuah komuditi hasil pertanian yang menguntungkan.

Adapun cara yang sanggup dilakukan dalam melaksanakan perawatan terhadap flora sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Pengolahan Tanah
Tanah untuk flora pisang sebaiknya selalu dijaga tingkat kesuburannya. Usahakan biar tanah di sekeliling pisang selalu gembur, sehingga sirkulasi udara dan mikikroba yang ada dalam tanah sanggup hidup dengan baik.

Penggemburan sanggup dilakukan dengan cara mencangkul tanah di sekitar pohon pisang. Penggemburan dilakukan dengan melingkar, sehingga ada tampat sanggup anda gunakan untuk menambahkan pemupukan.

2. Pemupukan
Saya langsung memang jarang memperlihatkan pupuk non organik pada flora pisang. Lebih sering memakai pupuk organik, dalam hal ini memakai kompos dari daun-daunan yang tumbuh disekeliling pisang, kemudian dicabuti dan dikumpulkan dibagian bawah pisang biar terjadi  pembusukan dan sanggup menjadi kompos.

3. Pembersih flora pisang
Perawatan flora pisang selanjutnya yang kerap saya lakukan yaitu pencucian flora pisang. Pembersihan disini maksudnya bukan meng, hilangkan flora pisang tersebut, melainkan membersihkan batang pisang dari daun-daun bau tanah yang sudah merangas.

Daun flora pisang yang sudah bau tanah tidak sanggup jatuh seketika ke tanah. tidak menyerupai daun flora mangga atau jenis lainnya. Nah disinlah anda harus membersihkan flora pisang tersebut, sehingga tidak tertutup oleh dedaunan yang sudah tua.

Daun tersebut sanggup anda jadikan sebagai pupuk kompos, sehingga pisang tersebut sanggup tumbuh dan berbuah lebat.

Nah, demikian ulasan singkat cara merawat flora pisang biar berbuah lebat yang sanggup anda jadikan sebagai materi perjuangan agrobisnis.

Selamat mencoba dan semoga sukses.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Flora Pisang Supaya Berbuah Lebat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel