Hama Yang Sering Menyerang Tomat Dan Cara Pengendaliannya

Tomat merupakan salah satu komuditas pertanian yang banyak kita jumpai dibudidayakan oleh petani Indonesia. Dalam pemeliharannya tentu para petani tidak semulus buah tomat yang kita konsumsi selama ini. Beberapa jenis hama tomat sanggup menurunkan hasil panen yang terkadang menciptakan petani merugi.

Pengendalian akan hama tomat penting dilakukan petani semoga hasil penen tetap baik. Untuk itu perlu bagi kita mengetahui jenis hama apa saya yang menyerang tomat serta bagaimana pengendaliannya.

Berdasarkan info yang penulis himpun dari aneka macam sumber di media massa sanggup diuraikan beberapa jenis hama yang kerap Menyerang Tomat, diantaranya :

1. Hama kutu daun

Jenis hama tomat yang satu ini memang kerap kita jumpai pada potongan daun. Daun yang diserang akan bermetamorfosis keriput dan mengecil.  Biasanya hama kutu daun ini Menyerang daun pada potongan atas dan bawah. Daun akan kecil layu, kriting dan kering.

Bila hal ini terjadi maka flora tomat akan memikiki produktivitas yang sangat rendah. Petani akan merugi dengan kondisi ini.

Cara sederhana yang bisa dilakukan petani bila menghadapi persoalan hama kutu daun pada flora tomat yaitu dengan melaksanakan penyemprotan memakai pestisida yang memang sudah disarankan kondusif bagi lingkungan.

Semprot dengan takaran yang sempurna semoga hama bisa dibasmi dengan baik.


2. Lalat buah


Hama yang satu ini memang kerap kita jumpai menyerang beberapa jenis flora buah dan sayur lainnya. Lalat buah yang sering hinggap pada tomat akan menyebabkan buah tomat akan cepat busuk.

Lalat buah atau dengan nama latin (Bactrocera sp.) mempunyai panjang tubuh  sekitar 8 mm.  Sayapnya yang  transparan warna menawarkan kemampuan untuk melindungi diri dari pemangsanya. Kemudian warna tubuhnya hijau kehitaman. Dalam bentuk belatung muda berwarna putih, menjelang bau tanah menjadi kekuningan panjangnya sekitar 1 cm. Belatung ini terletak dalam daging buah tomat.

Bila anda mengalami kondisi ini cara yang sanggup dilakukan dengan memakai teknik penyemprotan untuk mengendalikan hama lalar buah yabg menyerang flora tomat anda.


3. Ulat Tanah


Hama berikutnya yang bisa menyerang flora tomat yaitu ulat tanah.  Hama ulat tanah biasanya muncul pada malam hari dan menyerang pangkal flora tomat.

Jika ini terus berlanjut maka sanggup dipastikan flora tomat anda akan mengalami gangguan dan menyebabkan flora layu dan mati.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama ulat tanah yaitu selalu menjaga kondisi tanah semoga tidak terlalu lembab. Penyemprotan terhadap hama ulat tanah bisa dilakukan dengan pestisida yang sudah memperoleh berizin dan kondusif bagi lingkungan.

Itu beberapa hama yang menyerang flora tomat menurut pengalaman yang saya alami. Karena terjangkit hama tersebut maka flora tomat yang menjadi komuditi pertanian anda akan mengalami beberapa penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit yang menyerang flora tomat dan menciptakan penurunan produktivitas tomat.

1. Penyakit Layu pohon


Penyakit ini disebabkan lantaran jamur yang menyerang flora tomat.  Akar flora tomat diserang terlebih dahulu sehingga  membuat  flora akan layu dan mati secara perlahan-lahan.

Tanaman tomat yang terjangkit penyakit ini memang bisa bertahan untuk beberapa waktu. Biasanya pada pagi hari flora tomat masih terlihat segar, namun pada siang hari flora akan berubah layu. Hingga terus berlanjut menyerupai itu hingga menyebabkan flora tomat layu dan mati.

Untuk mengurangi kejala ini bisa dilakukan dengan memakai mulsa plastik untuk mengurangi jamur yang tumbuh pada flora tomat.


2. Penyakit Busuk daun


Penyakit anyir daun diawali dengan ciri warna daun kecoklatan dan lama-kelamaan akan mengalami pembusukan. Busuk pada daun tomat bisa merambat hingga ke atas dan menyebabkan tangkai dan batang tomat juga akan ikut membusuk.

Untuk menanggulangi persoalan ini biasanya gunakan bibit yang unggul dan tahan akan hama. Perawatan berupa pemupukan dan penyemprotan flora bisa dilakukan secara periodik dan dengan takaran yang tidak terlalu banyak.


3. Penyakit anyir buah


Busuk buah disebabkan oleh cendawan Thanatephorus cucumeris. Penyakit ini menyerang buah tomat. Buah yang terjangkit akan terlihat bercak kecil berwarna coklat. Kemudian akan membesar, cekung dan potongan tengahnya retak. (sumber alamtani.com)

Biasanya anyir buah disebabkan lantaran lalat buah yang hinggap pada buah dan menaruh larvanya pada buah tomat. Larva tersebut akan memakan buah tomat dan menyebabkan gagal panen.

Cara sederhana untuk mengendalikan dan mencegah penyakit ini bisa dilakukan dengan melaksanakan penyemprotan pestisida dengan takaran standar sesuai dengan ketentuan.

Anda juga bisa menciptakan perangkap pada serangga untuk menjerat lalat buah yang hinggap pada tomat. Biasanya lalat buah sangat suka dengan warna yang terperinci dan mencolok, sehingga anda bisa mensiasati dengan menyiapkan kertas berwarna mencolok dan memolesi dengan lem tikus.

Mudah-mudahan dengan cara tersebut lalat buah malah tertarik untuk hinggap pada kertas dengan lem tikus tersebut dan menyebabakannya terperangkap pada lem tersebut.

Pengendalian terhadap penyakit flora tomat ini akan lebih ramah lingkungan dan kondusif bagi kesehatan petani dan lingkungan lantaran tidak memakai pestisida yang kurang baik bagi lingkungan.

4. Penyakit bercak buah dan daun

Pengalaman saya menanam tomat sering sekali terkena penyakit bercak pada buah dan daun. Bercak tersebut menyebabkan kondisi buah tomat menjadi tidak bagus.

Buah tomat yang terkena penyakit bercak tersebut akan keriput dan tidak tumbuh dengan normal. Bahkan kondisi buah sangat tidak menarik. Kalau hal ini diabiarkan tentu akan mempengaruhi  hasil pertanian tomat anda.

Konsumen menjadi kurang tertarik dengan kondisi buah menyerupai itu. Sehingga akan menurunkan  nilai jual hasil pertanian anda.  Menanam bibit tomat yang unggul tahan hama bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk menghasilkan buah tomat yang baik dan berkualitas tinggi.

Penanaman tomat memang tidak bisa lepas dari kondisi lingkungan dan cuaca yang sering mendera flora tomat selama masa perawatan. Jika cuaca mendukung maka flora pun bisa tumbuh dengan baik. Sebaliknya kalau selama demam isu penanaman cuaca kurang mendukung, mungkin disini diperlukan kerja keras petani untuk merawat tanamannya.

Demikian ulasan wacana hama yang menyerang flora tomat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

*)informasi dihimpun dari berbabagai sumber dan pengalaman pribadi.

Belum ada Komentar untuk "Hama Yang Sering Menyerang Tomat Dan Cara Pengendaliannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel