Hukum Shalat Jumat Dikala Idul Fitri Hari Jumat

Hukum Shalat Jumat Ketika Idul Fitri Hari Jumat Hukum Shalat Jumat Ketika Idul Fitri Hari Jumat
JIKA Idul Fitri bertepatan dengan hari Jumat, maka kaum Muslim yang melakukan shalat Id boleh tidak melakukan shalat Jumat dan menggantinya dengan sholat zhuhur biasa.

Demikian kesimpulan dan pendapat jumhur ulama perihal aturan sholat Jumat bila hari raya, Idul Fitri dan Idul Adha, bertepatan dengan hari Jumat. 

Dalam sejumlah hadits shahih disebutkan, bila Idul Fitri/Adha terjadi hari Jumat, maka umat Islam yang sudah shalat Id boleh tidak shalat Jumat dan boleh juga tetap shalat Jumat. Yang tidak shalat jumat, harus menggantinya dengan shalat zhuhur.

“Pada hari ini terkumpul dua hari raya (jumat dan id). Siapa yang ingin shalat hari raya, boleh baginya untuk tidak jumatan. Namun kami tetap melakukan jumatan.” (HR. Abu Daud, Ibn Majah, Ibnul Jarud, Baihaqi, dan Hakim).

Dari Zayd bin Arqam r,a, bahwa dia berkata :

صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ فَقَالَ مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُصَلِّ

“Nabi SAW melakukan shalat Ied (pada suatu hari Jumat) lalu ia memperlihatkan rukhshah (kemudahan/keringanan) dalam shalat Jumat. Kemudian Nabi berkata,’Barangsiapa yang berkehendak (shalat Jumat), hendaklah dia shalat.” (HR. Al Khamsah, kecuali At Tirmidzi. Hadits ini berdasarkan Ibnu Khuzaimah, shahih).

Diriwayatkan dari Abu Hurayrah ra bahwa Nabi Saw bersabda :

قَدْ اجْتَمَعَ فِي يَوْمِكُمْ هَذَا عِيدَانِ فَمَنْ شَاءَ أَجْزَأَهُ مِنْ الْجُمُعَةِ وَإِنَّا مُجَمِّعُونَ

“Sungguh telah berkumpul pada hari kalian ini dua hari raya. Maka barangsiapa berkehendak (shalat hari raya), cukuplah baginya shalat hari raya itu, tak perlu shalat Jumat lagi. Dan sebetulnya kami akan mengerjakan Jumat.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan Al Hakim)

KESIMPULAN
Umat Islam yang sudah shalat Id, boleh tidak melakukan shalat Jumat dan hanya shalat Zhuhur. Ini merupakan dispensasi (rukhshah) dari Allah SWT dan Rasul-Nya. Rasulullah Saw sendiri tetap mengerjakan shalat Jumat, bila lebaran bertepatan dengan hari Jumat. Wallahu a'lam bish-shawabi. Dari banyak sekali sumber. (https://www.karimganas.com/).*

Belum ada Komentar untuk "Hukum Shalat Jumat Dikala Idul Fitri Hari Jumat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel