Memakai Pupuk Kompos Dari Gulma

Sahabat tani yang Budiman, bahagia sekali sanggup menjadi salah satu media gosip online seputar dunia pertanian. merupakan website seputar dunia pertanian.

Sahabat  Tani memakai pupuk dalam dunia pertanian merupakan hal yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, tumbuhan yang jarang dipupuk terperinci akan tumbuh kurang optimal.

Pertumbuhan yang kurang optimal, terperinci akan berakibat pada menurunnya produktivitas tanaman.

Di pasaran telah beredar ribuan jenis pupuk yang diperjual belikan untuk petani.  Pupuk yang dijual pun cukup bermacam-macam jenisnya. Mulai dari pupuk buatan sampai pupuk organik.

Memasuki masa tanam sayuran menyerupai sawi, bawang, cabe dan jenis lainnya, petani sudah mulai memakai pupuk.

Sobat Tani yang bijak pemupukan sanggup kita minimalisir dengan memanfaatkan jenis pupuk alami yang bersama-sama sudah ada di lingkungan sekitar kita. Salah satunya pupuk kompos dari tumbuhan gulma itu sendiri.

Gulma merupakan jenis tumbuhan pengganggu yang sering tumbuh di sekitar tanaman. Seperti halnya dikala kita menanam bawang, cabai, sayur, rumput kecil dan tumbuhan sejenisnya ikut tumbuh secara alami di sekitar tumbuhan tersebut. Tentunya hal ini harus segera dibersihkan secara rutin.

Terkadang sobat tani lebih cenderung menyemprotnya dengan obat pembasmi gulma. Saya sarankan sobat tani tidak memakai hal tersebut, alasannya akan membunuh mikroorganisme penting yang sanggup menyuburkan tanah.

CARA BIJAK MEMANFAATKAN GULMA MENJADI PUPUK KOMPOS


Gulma merupakan tumbuhan pengganggu yang tumbuh di sekitar tanaman. Salah satu cara semoga gulma tersebut bermanfaat ialah memakai tumbuhan tersebut sebagai kompos.

Caranya cukup mudah, anda jangan memakai obat-obatan kimia untuk membasmi gula tersebut. Khusus untuk tumbuhan bawang, cabai, sayur, dan jenis palawija lainnya anda tinggal mencabuti gulmanya setiap hari, kemudian menaruhnya di sela-sela tanaman.

Posisinya akar menghadap keatas sehingga gulma tidak akan sanggup tumbuh kembali. Pembusukan gulma tersebut akan menyuburkan tumbuhan pertanian anda secara alami.

Bila animo tanam padi, sanggup dilakukan dengan memasukkan pribadi gulma tersebut ke dalam tanah. Pada masa tanam padi, kondisi tanah jauh lebih lunak, alasannya adanya genangan air.

Dengan memasukkan flora ke dalam tanah untuk dijadikan kompos, akan memperlihatkan nutrisi alami pada tanah. Hal ini akan memperlihatkan manfaat jangka panjang terhadap lingkungan dan kesuburan tanah pertanian anda.

Saya yakin Sobat Tani sudah melaksanakan ini, nah tinggal membiasakannya saja. Saya sendiri rutin dikala mencabut gulma pada tumbuhan bawang, maka gulma tersebut ditaruh pribadi di sela-sela bawang. Tetapi beberapa sobat tani yang saya lihat, masih saja ada yang membuatnya alasannya khawatir bila gulma tersebut tumbuh lagi.

Demikian sobat, gosip seputar dunia pertanian yang sanggup kami sajikan. Jangan lupa dibagikan bila artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke website untuk mengetahui tips-tips sederhana yang ramah lingkungan seputar dunia pertanian.

Salam

Belum ada Komentar untuk "Memakai Pupuk Kompos Dari Gulma"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel