Menanam Bawang Merah Dengan Teknik Hidroponik


Bawang merupakan komiditi pangan yang selalu menjadi materi bumbu dapur yang selalu dipakai oleh masyarakat Indonesia. Tidak jarang keberadaannya sangat dicari, dikala jumlahnya mulai jarang maka dipastikan harganya pun akan semakin melambung tinggi dan menciptakan para ibu rumah tangga dan pengusaha masakan menaikan harga makannanya.

Jika sudah demikian, mengapa tidak pernah mencoba untuk mencoba  menjadi petani bawang. Jika hambatan anda pada ketiadaan lahan pertanian, maka ada banyak sekali macam pilihan yang bisa anda gunakan. Mulai dari teknik vertikultur dan hidroponik. Nah, pada artikel kali ini aku akan membagikan bagaimana cara menanam bawang merah dengan teknik hidroponik.

Hidroponik merupakan sebuah teknik atau cara bertani yang tidak banyak memakai tanah sebagai medianya. Sehingga teladan tanam dengan hidroponik sangat sempurna dipakai bagi mereka yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas.

Untuk mengupayakan  penanam tumbuhan dengan teknik hidroponik tentunya diharapkan beberapa peralatan yang harus anda siapkan,sehingga bawang anda pun sanggup tumbuh dengan baik. Untuk media penanam anda bisa memakai kotak telur, sebagai pengganti media tanahnya. Langsung saja berikut ini akan aku paparkan bagaimana teknik, menanam bawang merah dengan teknik hidroponik memakai kotak telur.

Sebelum anda memulai menanam bawang pada media hodroponik, maka terlebih dahulu anda harus mempersiapkan bibit bawang  unggul.  Bibit bawang yang baik itu tidak sulit untuk memilihnya. Kita bisa melihat dar kondisinya. Dari segi fisik, bibit bawang itu kering dan tidak busuk. Tunas akar juga tidak amis dan kering.

Setelah anda menentukan bibit maka langkah berikutnya tinggal menumbuhkan bibit tersebut sebelum ditanam pada media tanam. Menumbuhkan bibit biar siap ditam dengan cara hidroponik, tidaklah sulit. Anda tinggal menyiapkan gelas plastik yang diisi air putih cukup setengahnya saja. kemudian menusukan lidi di tengah-tengah umbi bawang, tapi jangan terlalu kedalam nanti bawang bisa busuk.

Setelah itu posisikan akar bawang terendam di air dengan mengaitkan  ujung lidi pada bibir gelas. Setelah beberapa hari maka tunas kecil akan tumbuh. Jika sudah demikian maka bawang tersebut siap dipindahkan pada media tanam hidroponik dengan memakai kotak telur. Bagaimana caranya? Tidak sulit kok berikut ini akan aku paparkan bagaimana cara membuatnya.

Sebelum anda menanam bawang pada media hidroponik , maka siapkan terlebih dahulu cairan nutrisi untuk tumbuhan hidroponik.

Siram adonan cairan tersebut pada media kotak telur sehingga bisa merangsang pertumbuhan bawang merah  sehingga gampang menyesuaikan diri dan menumbuhkan bawang  dengan cepat.

Kemudian tumpukkan 3-6 kotak telur yang akan dijadikan sebagai media tanam, pastikan kotak tersebut dalam keadaan baik dan bukan dari plastik. Rendam semua kotak telur tersebut secara menyeluruh dengan cairan yang sudah disiapkan.

Selanjutnya angkat rendaman kotak telur tersebut, pastikan hingga tidak air dalam  permukaan kotak telur tersebut, akan tetapi masih dalam keadaan lembab. Campur sekam, tanah gembur dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1:1 selanjutnya isikan pada cekungan kotak telur tersebut.

Setelah media tanam siap digunakan, maka bawang pun sudah siap untuk di tanam pada media tanam.  Pastikan anda sudah mencabut lidi yang masih tertancap pada bawang merah.

Untuk awal penanam pastikan anda menyiram tiga kali dalam sehari, sehabis tumbuh dengan baik siram selalu dengan nutrisi sehingga bawang merah tetap bisa tumbuh dengan subur.

Demikian cara menanam bawang merah dengan hidroponik memakai kotak telur yang dapat  aku bagikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Menanam Bawang Merah Dengan Teknik Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel