Pengalaman Menanam Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi

Bagi para peternak, menyiapkan pakan untuk ternak merupakan kewajiban. Hahaha... terang saja alasannya jikalau tidak maka ternak pun akan mati. Salah satu pakan ternak yang dapat diberikan untuk sapi ialah rumput.


Dari sekian rumput yang berada di sawah, saya paling suka memakai rumput gajah. Dengan ukuran yang besar layaknya gajah bila dibandingkan dengan rumput lainnya. Rumput ini juga memperlihatkan kandungan nutrisi yang baik bagi binatang ruminansia. Berdasarkan isu yang saya pernah baca di media internet, bahwa kandungan protein rumput gajah sangat tinggi. Sehingga, dengan memperlihatkan pakan rumput gajah secara rutin pada sapi anda, akan mempercepat tumbuh kembangnya.

Mengenai contoh tanam rumput gajah di daerah tinggal saya belum dilakukan secara optimal. Dalam artian petani disini belum menanam rumput gajah pada lahan yang memang dipersiapkan untuk itu. Beberapa petani hanya menanam rumput gajah pada pinggiran pembatas sawah atau pada pinggiran sungai dengan tujuan untuk mencegah abrasi.

Karena kurang terurus tersebut, menimbulkan beberapa pertumbuhan dari rumput gajah tidak dapat optimal. Biasanya rumput gajah sudah siap dipanen pada usia 6 bulan, namun alasannya kondisi yang kurang bagus, peternak sudah memotong rumput gajah dengan ukuran yang masih kecil.

Pengalaman ialah guru yang terbaik. Untuk memperlihatkan asupan masakan pada ternak saya yang memang tidak  banyak, hanya dua ekor sapi itu pun lebih banyak orang bau tanah yang merawatnya, saya memakai teknik yang sederhana untuk menanam rumput gajah.

PEMILIHAN LAHAN

Seperti biasa saya pun tetapkan untuk menanam rumput gajah pada media tanam yang khusus untuk rumput gajah. Persiapan yang saya lakukan dengan menggemburkan tanah terlebih dahulu. Pembersihan terhadap beberapa tumbuhan pengangganggu pun dilakukan. Sehingga murni yang akan ditanam disana ialah rumput gajah. 

Pupuk yang saya siapkan untuk ditaburkan pada tanah sebagai media tanam rumput gajah cukup sederhana saja. Saya hanya menyebarkan  kotoran sampi yang sudah menjadi butiran tanah pada media tanam rumput gajah. Ukuran yang saya pakai dalam media tanam rumput gajah tidaklah   banyak. Cukup dengan ketebalan dibawah satu centimeter saja. 

Rumput gajah yang ditanam dengan panjang kira-kira 15 cm. Jarak penanaman antara tumbuhan yang satu dengan yang lainnya dapat dipakai dengan jarak kurang lebih 40 cm.

Penyiraman tumbuhan saya lakukan dengan berkala. Karena rumput gajah termasuk tumbuhan yang cukup kuat.

Pemberian pupuk saya berikan secara terpola saja. Pupuk yang biasa saya berikan pada rumput gajah ialah jenis urea.

Pada masa panen biasanya saya hanya memangkas tumbuhan dengan menyisakan 15 cm dari tanah.

Setelah pemangkasan maka pribadi diberikan pemupukan untuk memulihkan kembali daun pada tumbuhan rumput gajah.

Nah sobat tani demikian ulasan singkat yang dapat saya bagikan perihal pengalaman dikala menanam rumput gajah di daerah saya.

Semoga menginspirasi sobat tani semua. Wasalam. 

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Menanam Rumput Gajah Untuk Pakan Sapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel