Pengertian Idul Fitri, Minal Aidin, Taqobbalallah, Halal Bihalal


Kita juga mengenal ungkapan Halal Bihalal, Eid Mubarak, dan Kullu 'Amin wa Antum Bikhoirin. Apa saja pengertiannya?

Arti Idul Fitri
Idul Fitri  artinya kembali makan pagi (sarapan). Fithri berasal dari kata futhur dalam bahasa Arab yang artinya sarapan. Jadi, Selamat Idul Fitri artinya Selamat Anda sudah kembali dapat sarapan atau makan pagi, tidak puasa lagi.

Idul Fitri juga dimaknai sebagai "kembali ke fitrah" atau "kembali kepada kesucian". Makna ini kurang sempurna secara harfiyah alasannya ialah kalau kembali ke fitrah maka istilahnya "idul fitrah", bukan "idul fitri".

Arti Eid Mubarak
Kaum Muslim dunia biasa mengucapkan Eid Mubarak, bukan Idul Fitri, dikala mengucapkan selamat lebaran. Id Mubarak (Arab) artinya "kembali yang penuh keberkahan". Lengkapnya: "Selamat kembali makan pagi dengan penuh keberkahan".

Minal 'Aidin wal Faizin
Minal 'Aidin wal Faizin artinya "termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang memperoleh kemenangan". Ini ungkapan doa.

Pengertian Idul Fitri, Minal Aidin, Taqobbalallah, Halal Bihalal


Istilah ini diadopsi dari bahasa Arab, halalun bi halalin, halal dengan halal alias saling menghalalkan kesalaha yang terjadi atau saling memaafkan dosa antar sesama manusia.

Demikian ulasan ringkas perihal Pengertian Idul Fitri, Minal 'Aidin wa Faizin, Taqobbalallahu minna waminkum, Halal Bihalal, dan Kullu 'Amin waantum bikhoirin --istilah khas masa lebaran atau pasca Ramadhan

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Idul Fitri, Minal Aidin, Taqobbalallah, Halal Bihalal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel