Pengertian Pestisida

 

              

     Pestisida (Inggris:pesticide) secara harfiah berasal dari dua kata yaitu “pest = hama dan cide = membunuh. Pestisida yakni semua zat kimia atau materi lain serta jasad renik dan virus yang dipergunakan untuk :
  1.      Mengendalikan atau mencegah hama dan penyakit yang merusak tanaman, bab tanaman, atau hasil-hasil pertanian.
  2.      Mengendalikan rerumputan (gulma)
  3.      Mengatur atau merangsang pertumbuhan yang tidak di inginkan
  4.      Mengendalikan atau mencegah hama-hama luar pada binatang peliharaan atau ternak.
  5.      Mengendalikan hama-hama air.
  6.      Mengendalikan atau mencegah binatang-binatang yang sanggup mengakibatkan penyakit pada insan dan binatang yang perlu dilindungi, dengan penggunaan pada tanaman, tanah, dan air.
Dari pembahasan tersebut diatas konkret bahwa pengertian pestisida luas sekali, yakni mencakup produk-produk yang dipakai dibidang pertanian, kehutanan, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kesehatan masyarakat. Pestisida yang sering dipakai di bidang pertanian secara spesifik sering disebut produk sumbangan tanaman, untuk membedakannya dari produk-produk yang dipakai dibidang lain.
Istilah produk sumbangan tumbuhan dipakai untuk menghindari istilah pestisida yang berkonotasi “bahan pembunuh”. Memang kenyataannya tidak semua pestisida pertanian bekerja dengan cara membunuh, contohnya mengusir hama, menarik supaya hama atau serangga berkumpul.
Berikut klarifikasi wacana pestisida, biar bermanfaat ya...... 

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Pestisida"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel