Pengertian Puasa Senin Kamis Dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim

pengertian puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim
Puasa sunah setiap hari senin dan kamis merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan bagi tiap-tiap muslim yang bisa mengerjakannya. Untuk mengetahui dan memahami pengertian puasa senin kamis beserta hikmahnya kita bisa simak bersama uraian singkat di bawah ini.

Pengertian puasa senin kamis

Sebagaimana nama atau sebutan dari puasa sunah ini, puasa senin kamis merupakan jenis puasa sunah yang dilaksanakan setiap hari senin dan kamis. Dari pengertian puasa senin kamis tersebut tentu banyak diantara kita yang bertanya kenapa puasa pada hari-hari tersebut disunahkan? Hal ini sanggup kita jelaskan melalui beberapa hadits yang meriwayatkan bahwa salah satu puasa yang sering dilaksanakan oleh Rasulullah SAW ialah puasa pada hari senin dan kamis. Karena itu pula maka puasa ini dianjurkan untuk diamalkan oleh tiap-tiap muslim. Sebagai umat muslim yang senantiasa berpegangan pada Al-Qur’an dan Sunnah tentu saja sudah sepantasnya kita meneladani contoh-contoh yang diberikan oleh nabi junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semasa hidupnya Rasulullah melaksanakan puasa tiap hari senin dan hari kamis sebagai ibadah komplemen semoga lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, hal ini sanggup dibuktikan dari sebuah hadits riwayat Ibnu Majjah yang berbunyi sebagai berikut:

pengertian puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim




Artinya: “Dari Abi Hurairah: Bahwasannya Nabi Muhammad SAW sedang berpuasa Senin dan Kamis. Abi Hurairah bertanya:Wahai Rasulullah apakah Engkau berpuasa Senin dan Kamis? Maka Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Senin dan Kamis Allah mengampuni dosa setiap muslim kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman: “Tangguhkanlah keduanya hinnga berdamai.” (HR. Ibnu Majjah).
Dari hadits di atas sanggup kita ketahui bahwa Nabi junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW seringkali melaksanakan puasa pada hari senin dan kamis. Dari hadits tersebut pula sanggup kita ketahui bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa seorang muslim pada hari senin dan kamis kecuali dosa orang yang bermusuhan.

Hikmah melaksanakan puasa senin dan kamis

Selain dari segi spiritual ternyata puasa juga mempunyai banyak hikmah dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hikmah puasa senin kamis sanggup kita sampaikan sebagai berikut:

Semakin erat dengan Allah
Dengan melaksanakan ibadah sunah puasa rutin tiap hari senin dan kamis tentu akan menimbulkan seorang muslim merasa lebih erat dengan Allah SWT. Hal ini sanggup kita sampaikan alasannya ialah ibadah puasa merupakan salah satu ibadah ketaatan dan keikhlasan diri, maka yang mengetahuinya hanyalah dirinya sendiri dan Allah SWT. 

Menumbuhkan Sikap Empati Sosial
pengertian puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim
Dengan melaksanakan puasa seseorang akan mencicipi lapar yang mempunyai pesan yang tersirat sanggup mencicipi kondisi dan posisi sebagai orang lain yang secara taraf kehidupannya lebih miskin. Dengan demikian seseorang akan mempunyai perilaku tenggang rasa terhadap seorang fakir miskin. Salah satu keberhasilan melaksanakan ibadah puasa rutin tiap senin dan kamis bisa pula kita lihat dari perilaku tenggang rasa yang kita miliki, apakah kita semakin peduli terhadap penderitaan orang lain maupun tidak. 

Jika seseorang melaksanakan puasa sunah senin kamis secara tulus dan loyal tentunya perilaku dan perbuatannya dari hari ke hari akan semakin baik dan menarik. Salah satunya sebagaimana yang telah kita sebutkan di atas, ia akan semakin peduli dengan penderitaan orang lain yang tidak seberuntung kita. Dengan hal tersebut maka ibadah seseorang akan meningkat dengan membantu orang lain khususnya bederma terhadap fakir miskin dan belum dewasa yatim yang membutuhkan baik secara sadar maupun tidak.

Pandai Bersyukur
pengertian puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim
Syukur nikmat merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan bagi tiap-tiap insan. Begitu pula dengan seseorang yang melaksanakan ibadah puasa. Setelah ia sanggup mencicipi lapar dan merasa semakin erat dengan Allah tentu akan menumbuhkan rasa syukur terhadap karunia yang telah Allah SWT limpahkan kepada dirinya. 

Jika tanpa puasa mungkin kita tidak menyadari bahwa rezeki termasuk masakan yang telah kita makan merupakan karunia dari Allah SWT, namun sesudah melaksanakan puasa dan mempunyai kedekatan dengan Allah lebih-lebih bisa mencicipi penderitaan orang lain, secara otomatis kita akan lebih arif bersyukur dengan keadaan kita.

Sebagai contoh: makan setiap hari merupakan hal pokok bagi manusia, hal ini tampaknya menjadi masuk akal dikarenakan telah terbiasa kita lakukan. Namun bila kita mempunyai sifat arif bersyukur tentu kita akan lebih bersyukur terhadap masakan yang bisa kita makan. Selain hal tersebut kita juga tentu akan lebih berhati-hati dan tidak berlebihan dalam memenuhi kebutuhan makan sehari-hari alasannya ialah diluar sana masih banyak orang yang kekurangan.

Mencegah Datangnya Penyakit Dan Sarana Diet Alami
Selain ketiga pesan yang tersirat di atas, salah satu hikmah puasa senin kamis ialah mencegah datangnya penyakit. Jika dari segi kesehatan kita dianjurkan makan 3x sehari namun dalam kenyataannya cukup umur ini penyakit obesitas banyak terjadi dikalangan masyarakat. Salah satu penyebab dari timbulnya obesitas ialah alasannya ialah asupan masakan yang kita konsumsi melebihi ambang batas yang diharapkan oleh tubuh kita. Al hasil bukan sehat yang kita sanggup namun justru kelebihan berat tubuh dan obesitas. Jika dibiarkan usang kelamaan obesitas akan memicu timbulnya penyakit lain menyerupai tekanan darah tinggi, radang, gagal jantung, dan lain sebagainya. 

Penyakit menyerupai tersebut di atas tentu sanggup kita cegah dengan beberapa cara dan salah satunya ialah dengan puasa. Dengan melaksanakan puasa secara teratur sebagaimana pengertian puasa senin kamis di atas tentu akan membantu terurainya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita. Hal ini sanggup dipahami melalui ilmu kedokteran yang menyebutkan bahwa lemak dalam tubuh sanggup terurai dengan berpuasa secara lemak berperan sebagai pengganti asupan masakan yang diharapkan oleh tubuh. Puasa rutin setiap hari senin dan kamis juga dianjurkan bagi mereka yang ingin melaksanakan diet secara alami dan aman. Daripada mengkonsumsi obat-obatan yang mempunyai efek samping tentu berpuasa merupakan sarana diet alami tanpa efek samping yang buruk.

Mempertajam Kecerdasan Seseorang
pengertian puasa senin kamis dan himkahnya bagi umat muslim Pengertian Puasa Senin Kamis dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim
Meskipun dalam pengertian puasa senin kamis kita dapati merupakan ibadah yang dilaksanakan pada hari senin dan kamis, namun dibalik semua itu banyak orang yang mengakui dan mencicipi pesan yang tersirat puasa senin kamis dalam mempertajam kecerdasan. Secara kebijaksanaan hal tersebut sanggup dijelaskan sebagai berikut:

Dalam keadaan berpuasa tentu saja asupan masakan dalam tubuh kita berkurang. Hal ini menciptakan usus beristirahat dalam memproses sari masakan dalam tubuh sehingga darah yang berperan sebagai transportasi sari masakan mempunyai beban yang lebih ringan. Karena itu pula darah yang berada di sekeliling otak tidak banyak yang perlu dikerahkan sebagai sarana transportasi sari masakan ke seluruh tubuh. Hasilnya otak sanggup bekerja secara maksimal dalam menangkap banyak sekali pengetahuan dan berkonsentrasi sehingga menjadi hal faktual pesan yang tersirat puasa senin kamis sebagai sarana mempertajam kecerdasan seseorang.

Demikian klarifikasi singkat mengenai puasa sunah senin kamis. Semoga dengan memahami pengertian puasa senin kamis dan hikamahnya bagi seorang muslim tersebut di atas kita sanggup termotivasi untuk senantiasa melaksanakan ibadah puasa sunah senin dan kamis.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Puasa Senin Kamis Dan Hikmahnya Bagi Seorang Muslim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel