Pentingnya Selalu Menjaga Kondisi Susukan Air Di Pematang Sawah

Sebagai petani yang masih memakai cara tradisional, ayah saya memang salalu kekeh dengan prinsip mengelola sawah dengan selalu memgusung nilai-nilai kearifan lokal.
Sawah tidak hanya dijadikan sebagai daerah bekerja untuk memperoleh penghidupan namun juga untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan alam.
Salah satunya menjaga lancarnya susukan air meskipun tidak pada isu terkini tanam padi. Saluran air selalu dijaga demi terawatnya tanaman.
Mungkin tidak banyak petani yang memperdulikan hal ini. Memang ketika tidak sedang masa tanam padi atau tidak sedang melaksanakan penyiraman, susukan air kadang terabaikan.
Apalagi ketika isu terkini palawija, susukan air memang jarang menerima perawatan. Kondisinya kadang ditumbuhi semak belukar. Ketika isu terkini hujan tiba, air tidak sanggup mengalir dengan lancar. Ujung-ujungnya nanti sawah menjadi beluber disapu air hujan.
Jadi, meskipun tidak ketika isu terkini tanam padi atau tidak sedang akan melaksanakan penyiraman, maka perlu dibiasakan adanya perawatan pada susukan air. Mulai dari pencucian susukan air dari rerumputan dan semak beluakar. Pengerukan tanah pun wajin dilakukan untuk menjaga kedalaman susukan air. Jika ini terpelihara dengan baik, maka anda tidak akan was-was  sawah anda akan kebanjiran air dan ketika isu terkini kemarau datang anda tidak akan kesulitan untuk membersihkan susukan air yang menghambat lajunya air.
Demikian info ringan perihal pertanian yang kadang terabaikan. Semoga bermanfaat dan kalau berkenan silakan anda bagikan.
Wasalam !

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Selalu Menjaga Kondisi Susukan Air Di Pematang Sawah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel