Perkebunan Kelapa Yang Dapat Diterapkan Di Pedesaan

 

Kelapa merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dimana saja. Kita bisa lihat mulai tanah yang kurang subur hingga tanah berpasir tanaman kelapa bisa tumbuh dengan baik. Dengan kemampuan berbuah yang tidak mengenal demam isu tentu ini akan sangat menguntungkan bagi petani kelapa.

Kelapa mempunyai nilai komuditi yang cukup tinggi. Kita bisa lihat tidak hanya buah kelapa yang bisa dijual mulai dari akar batang daun bahkan lidi dari daun kelapa pun bisa dijual. Maka dari itu tidak jarang warga desa di lingkungan saya menanam kelapa di lahan kosong yang masih mereka miliki.

Tentu untuk memperoleh hasil yang maksimal dari kebun kelapa maka diperlukan perawatan yang baik.  Kenyataan dilapangan yang saya lihat terutama di lingkungan desa daerah tinggal saya, petani kelapa tidak melaksanakan perawatan pada tanaman kelapa mereka.

Ditanam hanya sekedar untuk menciptakan lahan semoga tidak terlihat gundul. Meskipun demikian tetap saja kelapa bisa menghasilkan hasil panen yang lumayan, apalagi bila semua itu dilakukan perawatan dan pemeliharaan yang baik.

Pemeliharaan tanaman kelapa dimulai dari proses penanaman, maka dari itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam penanaman kelapa semoga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan bagaimana penanaman kelapa  semoga sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik.

Pertama, pilih bibit kelapa yang sudah tumbuh tunasnya yang dalam kondisi segar. Pastikan bibit tersebut tidak dalam keadaan amis pada bab bawahnya.

Kedua, buat lubang dengan ukuran kurang lebih 30 – 50 cm berbentuk persegi dengan kedalaman kurang lebih 30 cm.

Ketiga, selanjutnya sehabis lubang tanam tersebut sudah siap maka anda jangan lupa memasukkan pupuk sangkar dengan ketebalan kurang lebih 6 cm. Namun bila anda rasa tanah tersebut sudah cukup subur maka penambahan pupuk sangkar sebelum penanman bisa tidak dilakukan.

Keempat, masukkan bibit kelapa pada media yang sudah anda siapkan. Selanjutnya tinggal menimbunnya dengan tanah bekas galian lubang tadi.
Kelima, sehabis bibit kelapa ditanam jangan lupa untuk memagarinya dengan beberapa bilah bambu atau kayu dengan tinggi kurang lebih 50 hingga 60 cm. Hal ini dilakukan dengan tujuan semoga bibit yang gres ditanam tidak dimakan oleh binatang pengerat ibarat landak dan sejenisnya.

Keenam, bila tanaman sudah badan dengan baik pastikan setiap beberapa hari anda melihat kalau-kalau kondisi tanaman tidak baik sehingga bisa dilakukan tindakan perawatan pada tanaman tersebut.

Ketujuh, bila tanaman sudah berumur beberapa tahun maka langkah selanjutnya tinggal memperlihatkan pupuk sangkar secara runtin pada tanaman tersebut, jangan lupa dalam masa tumbuh jangan terlalu sering memangkas daun kelapa alasannya hal ini akan mengurangi kualitas tanaman dalam menghasilkan buah.

Nah, demikian ulasan singkat perihal pengalaman saya dalam menanam kelapa semoga menghasilkan buah yang maksimal dan berkualitas baik. Namun, semua itu tergantung perawatan dan kondisi lahan yang ditanami kelapa.

Keberhasilan anda terganung dari keseriusan anda dan keuletan dalam bertani. Apa yang saya tulis disini bisa saja menghasilkan hasil yang berbeda dengan anda. Kaprikornus semua kembali pada kerja keras, perawatan dan kondisi lingkungan.

Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Perkebunan Kelapa Yang Dapat Diterapkan Di Pedesaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel