Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan


          Sebelum membahas mendalam perihal pertumbuhan dan perkembangan tanaman, apakah anda tahu perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan tanaman???

pertumbuhan tanaman yakni proses bertambahnya massa atau bobot menyerupai pada akar, batang dan daun. sementara perkembangan tumbuhan yakni proses makin bertambahnya kematangan tumbuhan menyerupai yang terjadi pada bunga, buah dan biji.


Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan tanaman sanggup di bedakan menjadi dua fase, yakni fase vegetatif dan fase generatif. Walaupun kedua fase itu berbeda tetapi keduanya berjalan bersama (overlapping), artinya tumbuhan yang sedang berada dalam fase vegetatif bergotong-royong juga melaksanakan acara generatif (reproduktif), meskipun sedikit. Demikian juga sebaliknya.

Suatu tumbuhan disebut sedang mengalami fase vegetatif atau reproduktif (generatif), tergantung dari dominasi salah satu fase. Kalau fase vegetatif lebih lebih banyak didominasi dari fase reproduktif (generatif), berarti tumbuhan berada dalam fase vegetatif. Begitu juga sebaliknya.

Fase vegetatif merupakan fase pertumbuhan yang sebagian besar memakai karbohidrat yang dibuat dari proses fotosintesis. Fase ini terutama terjadi pada perkembangan akar, batang, cabang, dan daun.

Fase generatif atau produktif merupakan fase pertumbuhan yang menimbun sebagian besar karbohidrat yang di bentuk dari proses fotosintesis. Karbohidrat tersebut dipakai untuk pembentukan bunga, buah, dan biji, atau pembesaran/pendewasaan struktur penyimpanan atapun cadangan masakan menyerupai umbi.

Belum ada Komentar untuk "Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel