Pupuk Daun




        Umumnya pupuk daun atau pemupukan lewat daun lebih cepat perembesan haranya dibandingkan dengan lewat akar, alasannya yakni itu cara ini cocok untuk mengaplikasikan pupuk-pupuk yang sulit diserap akar. Misalnya, pupuk P atau NPK. Pupuk yang gampang menguap menyerupai nitrogen juga sangat baik diaplikasikan lewat daun. Sebab, imbas pemupukan pribadi tampak dalam beberapa hari sehabis pemupukan, disamping itu tanah juga tidak mengalami kerusakan.

Pemberian pupuk daun juga lebih menguntungkan, alasannya yakni didalamnya terkandung unsur hara mikro. Jika hanya mengandalkan pupuk akar, tumbuhan sering kali kekurangan unsur mikro. Pasalnya kebanyakan pupuk akar hanya mempunyai unsur makro tapi tidak mengandung unsur mikro. Selain itu dukungan pupuk daun juga sanggup dilakukan bersamaan dengan penyemprotan pestisida sehingga sanggup menghemat biaya. 

Dibalik kelebihannya, pupuk daun juga mempunyai kelemahan. Diantaranya, harga pupuk relatif lebih mahal dibandingkan dengan pupuk akar, bila aplikasinya keliru baik takaran maupun waktu pemupukan, tumbuhan sanggup mengalami kerusakan bahkan kematian. Pemupukan tidak hanya mengandalkan pupuk daun saja, Karena kadar hara yang sanggup dipakai tumbuhan terbatas. Pemberian pupuk daun hanya sebagai aksesori untuk mengatasi kebutuhan hara yang kurang atau tidak sanggup disuplai oleh pupuk akar. Aplikasi pupuk daun juga harus dilakukan sesering mungkin dan diharapkan peralatan khusus untuk menyemprotkannya.

Pemupukan lewat daun dilakukan dengan cara melarutkan pupuk kedalam air dengan konsentrasi tertentu. Selain itu larutan pupuk disemprotkan ke permukaan daun dengan mengikuti takaran sesuai proposal dilabel kemasan. Pasalnya, tumbuhan sanggup mati keracunan atau terbakar bila takaran pemupukannya berlebihan. Sebaliknya, bila konsentrasinya kurang, pemupukan tidak menjadi efektif karena pengaruhnya tidak tampak pada tanaman.

Belum ada Komentar untuk "Pupuk Daun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel