Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi

Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi
Setelah kita memahami mengenai pengertian puasa ramadhan dan sejarahnya, berikut ini akan kita jelaskan syarat dan rukun puasa ramadhan. Hal ini sangat peting bagi kita umat islam semoga ibadah puasa kita sah dan mendapat pahala dari Allah SWT. Untuk itu kami persilahkan menyimak uraian di bawah ini.

Pengertian Rukun puasa 

Rukun puasa ialah suatu tindakan/ urutan/ aktivitas yang wajib dikerjakan dalam melakukan ibadah puasa guna melakukan salah satu pengakuan ibadah tersebut. 

Dari pengertian rukun puasa di atas sanggup kita ketahui bahwa rukun dalam puasa merupakan sesuatu yang harus kita kerjakan. Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka ibadah puasa kita tidak sanggup dianggap sah. Untuk itu wajib bagi kita mengetahui rukun dalam puasa, adapun rukun dalam ibadah puasa terdapat 2 yakni niat dan menahan diri dari segala sesuatu yang sanggup membatalkan puasa kita. Lebih jelasnya mengenai kedua rukun tersebut sanggup kita simak di bawah ini.

Dua rukun dalam puasa

Sebagaimana yang telah kita singgung di atas, puasa mempunyai 2 rukun menyerupai yang telah kita sampaikan di atas, adapun penjelasannya sanggup kita sampaikan sebagai berikut:

1. Niat dalam puasa
Niat merupakan perjuangan dengan sadar dan sengaja mengerjakan puasa, berbeda dengan puasa sunah dalam konteks puasa ramadhan ini niat wajib kita kerjakan sebelum terbit fajar baik di dalam hati maupun dengan lisan.

2. Menahan diri dari segala sesuatu yang sanggup membatalkan puasa kita
Upaya menahan diri dari sesuatu yang sanggup membatalkan puasa kita juga merupakan salah satu dari rukun puasa baik pada puasa ramadhan maupun pada puasa sunah. Secara logika hal ini tentu tidak serta merta meliputi satu hal saja akan tetapi meliputi banyak hal menyerupai menahan lapar dan dahaga, menahan nafsu birahi, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui hal-hal yang sanggup membatalkan puasa kita sanggup simak uraian wacana hal-hal yang sanggup membatalkan puasa kita.

Syarat wajib dalam puasa

Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi
Setelah kita memahami rukun puasa berikutnya kita akan membahas mengenai syarat wajib puasa, namun sebelum membahas lebih jauh mengenai syarat wajib dalam puasa terlebih dahulu kita ketahui mengenai pengertian syarat puasa. Syarat puasa ialah sesuatu yang wajib kita penuhi sebelum kita melakukan atau mengerjakan ibadah puasa. Adapun syarat wajib dalam puasa ialah sebagai berikut:
  1. Beragama Islam.
  2. Telah baligh; 
  3. Berakal Sehat (tidak abnormal atau mabuk).
  4. Suci dari haid dan nifas.
  5. Muqim (berada di daerah tinggal bukan musafir.
  6. Mampu berpuasa dan tidak udzur.
Dengan memahami rukun puasa dan syarat yang wajib kita laksanakan di atas semoga semakin menyiapkan diri kita dalam menyambut bulan suci ramadhan tahun 2015 ini.

Belum ada Komentar untuk "Rukun Puasa Dan Syarat Yang Wajib Kita Penuhi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel