Tanaman Gagal Berbuah


        
        Sering kali kita gundah jikalau tanaman yang kita tanam gagal berbuah, niscaya ada penyebab diluar syarat-syarat tersebut. Berikut beberapa kemungkinan yang menjadikan tanaman gagal berbuah, diantaranya :


  1. Tanaman belum mencapai batas umur untuk berbuah. Batas umur tumbuhan itu tergantung pada jenis tumbuhan dan bibit yang digunakan, jikalau bibit memakai biji (bibit generatif), batas umur berbuahnya cenderung lebih usang dibandingkan dengan bibit yang berasal dari bibit vegetatif (cangkok, stek, okulasi). Lamanya itu, lantaran bibit dari biji harus memulai pertumbuhan dari awal. Biji yang tumbuh menjadi tumbuhan gres harus membentuk akar, batang, tajuk, daun, sehingga awal produksi bunga atau buahnya lambat.
  2. Pemupukan dengan kandungan pupuk N (Nitrogen) yang berlebihan sanggup menciptakan tumbuhan tumbuh terlalu rimbun sehingga tajuk tumbuhan kurang mendapat cahaya matahari, pengaruhnya, proses fotosintesis kurang menghasilkan karbohidrat. Akibatnya penimbunan karbohidrat tidak maksimal sehingga bunga yang terbentuk hanya sedikit ataupun tidak sama sekali.
  3. Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya sanggup berbuah jikalau ada pohon berbunga jantan yang tumbuh didekatnya. Misalnya lengkeng, salak, wuni, dan rukem.
  4. Tanaman yang tumbuh merupakan jenis pohon yang hanya sanggup berbuah jikalau bunganya mendapat tepung sari bunga dari pohon sejenis, contohnya alpukat.
  5.  Tanaman mejadi mandul lantaran terjadi mutasi gen.
  6. Saat berbunga, masaknya bunga jantan dan bunga betina tidak bersamaan waktunya. Sebelum terjadi persilangan salah satu bunga telah gugur lebih dulu, contohnya kelapa.
  7. Kalau tumbuhan bebunga lebat tetapi pada alhasil buah yang di tunggu tak kunjung tiba, penyebabnya yakni gugur bunga. Keguguran bunga itu sanggup disebabkan oleh:
a.      Kurangnya nitrogen dan berlebihnya kalsium dalam tanah
b.     Kurangnya air di dalam tanah
c.      Batang bawah bibit okulasi kurang baik
d.     Adanya serangan hama atau penyakit
e.     Hujan yang terlalu deras, angin yang terlalu kencang, dan kemarau yang terlalu panjang
f.      Penyemprotan pupuk daun yang tidak sempurna waktu. Penyemprotan pada ketika tumbuhan sedang berbunga, percuma dilakukan. Sebaiknya, penyemprotan pupuk daun dilakukan sebelum tananaman berbunga.

Semoga artikel ini membawa pencerahan bagi pembaca.. amiiiiiiiiiiiin

Belum ada Komentar untuk "Tanaman Gagal Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel