Tari Tradisional - Budaya Kalimantan Barat

Setiap budaya tentu mempunyai tarian tradisional, termasuk budaya di Kalimantan Barat. Ada beberapa tarian tradisional yang sampai sekarang masih dijaga kelestariannya. Berikut beberapa tarian tradisional yang ada di Kalimantan Barat. 
• Tari Monong 
Tari ini sering juga disebut dengan tari Manang. Tari ini merupakan sebuah tari penyembuhan yang sanggup menyembuhkan atau menangkal penyakit yang ada dalam badan si sakit. Dalam tarian ini penari bertindak menyerupai seorang dukun dengan memakai jampi-jampi.

 • Tari Pingan 
Tarian ini merupakan tarian tunggal dalam masyarakat Dayak Mualang. Tarian ini berfungsi sebagai sebuah rasa syukur atas rezeki yang sudah dilimpahkan Tuhan kepada masyarakat Dayak Mualang.

• Tari Jonggan 

Tarian ini yaitu sebuah tarian pergaulan masyarakat Dayak Kanayatn. Dalam tarian ini diceritakan kebahagiaan dan suka cita masyarakat Dayak. Para permintaan yang hadir dalam program tarian ini umumnya akan diajak menari bersama.

• Tari Kondan 

Tarian ini juga merupakan tarian pergaulan masyarakat Dayak. Namun, dalam tarian ini diiringi juga dengan musik dan pantun tradisional. Tarian ini menjadi semacam ucapan rasa kebahagiaan atas datangnya tamu ke suku mereka.
• Tari Kinyah Uut Danum 

Tarian ini merupakan tarian perang yang khas dalam suku Dayak Uut Danum. Dalam tarian ini diperlihatkan kewaspadaan dan kelincahan cowok Dayak dalam melawan musuhnya.

• Tari Zapin 

Tarian ini yaitu sebuah tarian pergaulan yang mengungkapkan kebahagiaan. Dalam tarian ini umumnya dipakai peralatan menyerupai kipas dan tembung kemudian dinamai sesuai dengan alat yang dibawa contohnya Zapin Kipas, Zapin Tembung, dan sebagainya. 

Belum ada Komentar untuk "Tari Tradisional - Budaya Kalimantan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel