Tipe Listrik Dan Sifat-Sifatnya

 Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai Tipe Listrik Dan Sifat Tipe Listrik Dan Sifat-Sifatnya


Pada postingan kali ini akan dibahas mengenai Tipe Listrik Dan Sifat-Sifatnya, intinya listrik terbagi menjadi dua pecahan yaitu yaitu listrik statis dan dinamis, berikut definisi tipe dan sifat sifat listrik lengkap . . .


- LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS -

Ada dua tipe listrik yaitu : listrik statis dan listrik dinamis. Listrik dinamis dibagi menjadi arus searah (DC / Direct Current) dan arus bolak-balik (AC / Alternating Current).

Listrik Statis

Bila sebatang beling (glass rod) digosok dengan kain sutera, glass rod dan sutera menjadi bermuatan listrik, satu bermuatan positif dan satu lagi bermuatan negatif. Tanpa menyentuh kedua benda tersebut dan menghubungkan dengan konduktor, muatan listrik tetap berada pada batang beling dan kain sutera.
Karena tidak terjadi gerakkan maka tipe kelistrikkan ini disebut listrik statis. Dalam rumus elektron bebas, listrik statis ialah suatu keadaaan dimana elektron bebas sudah terpisah dari atomnya masing-masing, tetapi tidak bergerak dan hanya berkumpul di atas permukaan benda.

Listrik Dinamis

Listrik dinamis ialah suatu keadaan dimana terjadinya pergerakan dari elektron-elektron bebas melalui suatu konduktor. Listrik arus searah (DC) ialah jika elektron-elektron bebas melalui suatu konduktor. Listrik arus bolak-balik (AC) ialah jika elektron-elektron bebas bergerak dengan arah yang bervariasi.


- ARUS LISTRIK -

Arus Listrik

Bila kita menghubungkan battery dan lampu dengan kabel tembaga, maka lampu akan menyala. Arus listrik mengalir dari positif ke negatif, tetapi elektron mengalir dari negatif ke positif.

Satuan Pengukuran Arus Listrik

Besar arus listrik yang mengalir melalui konduktor ialah sama dengan jumlah elektron bebas yang melewati penampang konduktor setiap detik. Arus listrik dinyatakan dengan I (intensity) sedangkan besar arus listrik dinyatakan dengan satuan ampere (A). Satu ampere sama dengan pergerakan 6,25 x 1018 elektron bebas (1 coloumb) yang melewati konduktor tiap detik.


Kejadian-Kejadian Yang Disebabkan Oleh Arus Listrik

Bila arus mengalir pada konduktor atau elektrolit akan menjadikan tiga kejadian :

-Pembangkitan panas, misalnya headlight, cigarette lighter, dll.

-Aksi kimia terjadi pada elektrolit battery yang memungkinkan arus dapat mengalir.

-Pembangkitan magnet, jika arus listrik mengalir pada kumparan (relay, selenoid, dll).

Itu tadi sedikit klarifikasi singkat dan padat mengenai pengertian Tipe tipe listrik dan sifat-sifatnya. ketemu lagi di artikel imedz lainnya perihal otomotif. terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tipe Listrik Dan Sifat-Sifatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel