2 Cara Gampang Cek Status Bootloader (Ubl) Hp Android Xiaomi

Berbicara mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hp android tidak akan pernah habis hingga kapanpun, mengenai android kali ini saya ingin membahas mengenai cara cek status boot loader hp android xiaomi apakah sudah unlock boot loader  (UBL) atau belum.

Terkadang status bootloader hp xiaomi perlu diketahui untuk keperluan-keperluan tertentu menyerupai contohnya untuk instal Custom Recovery, untuk custom ROM dan keperluan lainnya.

Jika status bootloadernya dalam keadaan lock atau terkunci, maka pada umumnya pengguna akan kesulitan untuk memodifikasi sistem xiaomi, namun bila status bootloadernya dalam keadaan unlock (UBL) (terbuka atau tidak terkunci), maka sistem hp xiaomi akan lebih gampang untuk dimodifikasi.

Semua teknologi smartphone niscaya sudah dilengkapi dengan bootloader di dalamnya, namun bootloader untuk setiap perangkat berbeda-beda, ada yang dalam keadaan terkunci (lock bootloader) ada juga yang dibiarkan dalam keadaan terbuka (unlock bootloader).

Walaupun sistem operasi android merupakan arahan terbuka dan sanggup dimodifikasi oleh siapapun, untuk beberapa pabrikan hp, mereka tidak ingin versi sistem android yang digunakan oleh perangkat yang dibuatnya gampang dimodifikasi atau diganti oleh pihak ke 3, alasannya ialah alasan tersebut maka setiap pabrikan hp banyak yang menentukan untuk mengunci bootloader pada perangkat yang dibuatnya.

Ketika bootloader dalam keadaan terkunci maka pengguna akan kesulitan saat ingin melaksanakan custom rom atau modifikasi sistem android yang dimilikinya, langkah pertama bila pengguna tetap mengiginkan melaksanakan modifikasi sistem ialah membuka lock booatloadernya sehingga menjadi unlock bootloader atau UBL.

Lock bootloader atau status bootloader dalam keadaan terkunci ternyata sudah mulai digunakan oleh pabrikan hp xiaomi terutama untuk hp xiaomi yang mulai tahun 2016, umumnya hp xiaomi yang release pada tahun tersebut dan setelahnya rata-rata bootloadernya sudah dalam keadaan terkunci.

Tujuannya tentu saja untuk membatasi ruang gerak biro bandel yang sering meniru xiaomi dengan cara memodifikasi rom original xiaomi untuk tujuan-tujuan tertentu. sehingga sanggup mengurangi beredarnya xiaomi palsu  dengan rom abal-abal yang rentan jebol sistem keamanannya.

Lantas bagaimana cara cek status unlock bootloader pada hp xiaomi ?, caranya ternyata cukup mudah.

2 Cara Praktis Cek status Bootloader (UBL) Hp android Xiaomi

Untuk anda yang kebetulan ingin tau dengan status bootloader pada hp xiaomi miliknya, maka anda sanggup mengeceknya dengan mudah.

Ada 2 cara yang sanggup anda lakukan untuk mengetahui status unlock bootloader hp xioami anda, sanggup memakai tunjangan aplikasi pihak ke 3 sanggup juga hanya mengandalkan isu di hp xiaomi anda.

Cara #1:
Cek Status Bootloader di HP Xiaomi tanpa tunjangan software

Cara Ini merupakan cara paling mudah, alasannya ialah tidak perlu memakai tunjangan perangkat lunak pihak ke 3, namun cara ini hanya sanggup digunakan oleh smartphone xiaomi yang memakai MIUI versi  8 ke atas.

Untuk Anda pengguna hp xiaomi yang kebetulan sudah menggunan miui versi 8 atau lebih, anda sanggup melihat / cek status bootloader hp xiaomi anda dengan cara membuka menu Status MI Unlock / Unlock Mi Status yang terdapat di halaman Developer options / opsi pengembang di smartphone xiaomi anda.

Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda.

2. Masuk ke sajian settings, kemudian pilih menu About phone / perihal ponsel.

3. Pada halaman perihal ponsel, silahkan tap / ketuk-ketuk menu Versi MUI / MIUI Version sebanyak 7 kali.

hal yang berkaitan dengan hp android tidak akan pernah habis hingga kapanpun 2 Cara Praktis Cek status Bootloader (UBL) Hp android Xiaomi

Tujuannya ialah untuk menampilkan sajian developer option di hp xiaomi anda, alasannya ialah sajian ini secara bawaan memang sengaja disembuyikan oleh perangkat, abaikan tahap ini bila anda sudah mengaktifkan opsi developer options di hp xiaomi anda.

4.Setelah itu, silahkan kembali halaman menu settings lalu pilih menu setelan komplemen / additional settings

5. Pada halaman setelan komplemen pilih menu Opsi pengembang / Developer Options

6. Pada halaman Opsi Pengembang / Developer Options, pilih sajian Status Mi Unlock / Unlock Mi Status, maka akan melihat isu mengenai status bootloader hp xiaomi anda. Terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini:

hal yang berkaitan dengan hp android tidak akan pernah habis hingga kapanpun 2 Cara Praktis Cek status Bootloader (UBL) Hp android Xiaomi



Jika anda melihat tampilan menyerupai gambar di atas, itu artinya hp xiaomi anda bootloadernya masih dalam keadaan terkunci.

Mohon diingat kembali, Jika anda tidak menemukan Menu Mi Unlock status di halaman developer options, menyerupai terlihat pada gambar di atas, itu artinya kemungkinan versi miui hp xiaomi anda di bawah 8.0.

Cara Ke #2:
Mengetahui status bootloader xiaomi dengan tunjangan software + PC

Cara ke 2 ialah pilihan alternatif untuk mengetahui bootloader status pada hp xiaomi anda bila di hp xiaomi anda pada halaman developer options tidak ditemukan Mi Unlock Status.

Cara ini Sangat cocok digunakan untuk anda pemilik hp xiaomi yang memakai versi miui 7 atau dibawah miui versi 8. alasannya ialah pada hp xiaomi versi miui di bawah 8 memang sajian Mi Unlock status tidak tersedia.

Langkah-langkah untuk cek bootloader status pada xiaomi dengan tunjangan software dan memakai komputer pc atau laptop ialah sebagai berikut:

1. Silahkan Download paket software Android Debug Bridge (ADB) + Fastboot kemudian instalkan di komputer anda.

Adb merupakan sofware yang berfungsi untuk mengatur sistem perangkat android maupun emulatornya, sedangkan fastboot merupakan tool yang berfungsi untuk  memperbaharui / flashing sistem android.

Beberapa software adb + fastboot yang berbagai digunakan adalah

  • Minimal ADB and Fastboot
  • 15 seconds Adb Installer
Saya sarankan memakai 15 seconds adb instaler, alasannya ialah ukurannya cukup kecil sebesar 8.x mb dan instalasinya sangat cepat, serta didalamnya sudah mempunyai paket adb, fastboot dan beberapa driver hp yang dibutuhkan.


Silahkan download 15 seconds adb installer kemudian ekstract filenya memakai aplikasi winwar / winzip, kemudian instalkan pada komputer atau laptop anda.


2. Setelah menginstall 15 Seconds ADB Installer, masuk ke folder c:\adb, kemudian tekan SHIFT + Klik Kanan pada bab kosong dan pilih Open command window here..


3. Hubungkan hp xiaomi anda dengan komputer memakai kabel USB

Silahkan hubungkan hp xiaomi anda ke komputer atau laptop anda memakai kabel usb

4. Matikan hp xiaomi anda, kemudian masuk ke mode fastboot

Caranya klik tekan saja tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan, kemudian tahan selama beberapa detik hingga hape menyala dan keluar tampilan fastboot.

HP harus dimatikan dan harus dalam mode fastboot, alasannya ialah bila dalam keadaan hidup biasanya informasinya tidak akan keluar dengan stuck di informasi  <waiting for device> dalam waktu yang lama.

5. Ketikan perintah fastboot

Setelah hp xiaomi anda dalam mode fastboot, selanjutnya Kembali ke komputer anda kemudian pada command promp di komputer anda, ketik perintah berikut:
fastboot devices
Jika tidak ada masalah, maka akan keluar nomor seri hp android xiaomi anda



Kemudian ketikan perintah
fastboot oem device-info
Maka akan keluar isu status bootloader hp xiaomi anda:



Jika anda melihat info Device unlocked: true, itu artinya hp xiaomi anda statusnya lock bootloader, sedangkan bila isinya false, itu artinya hp xiaomi anda ubl (unlock bootloader) bootloadernya tidak terkunci.


Perintah fastboot oem device-info di atas untuk beberapa hp xiaomi terutama hp xiaomi dengan chipset mediatek kadang error dengan pesan FAILED.... (Remote: unknown command)

Jika anda mengalami error di atas, maka perintah lainnya untuk mendapat info status bootloader hp xiaomi anda, coba memakai perintah:
fastboot getvar unlocked
Jika perintahnya cocok maka anda akan mendapat isu status bootloader hp xiaomi anda.

Sedangkan untuk keluar dari mode fastboot anda sanggup mengetikan perintah
fastboot reboot
Atau dengan menekan tombol power beberapa detik hingga perangkat melaksanakan restart dan masuk ke mode normal.

Perintah adb fastboot di atas bukan hanya sanggup digunakan untuk hp xiaomi saja, tapi sanggup juga digunakan untuk mengetahui status bootloader hp brand apapun yang memakai sistem operasi android.


Demikian mengenai 2 Cara Praktis Cek status Bootloader (UBL) Hp android Xiaomi, semoga membantu.

Belum ada Komentar untuk "2 Cara Gampang Cek Status Bootloader (Ubl) Hp Android Xiaomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel