Budaya Provinsi Ntb,Ntt,Dan Bali.

1.NUSA TENGGARA BARAT.
1. Rumah Adat


Salah satu pola rumah watak Nusa Tenggara Barat disebut Istana Sultan Sambawa. Istana tersebut bertingkat tiga. Lantai bawah atau pertama merupakan tempat pengawalan. Bila ada upacara, maka
para pengawal berbaris didepan tangga, sesuai urutan pangkatnya. Anak tangga mengambarkan urutan pangkat tersebut.
Lantai kedua yaitu tempat kediaman Sultan dan Permaisuri. Disebalah kana berhapan dengan kamar Sultan alah tempat pangeran pangeran. Sedangkan lantai tiga disediakan untuk para putri dan keluarga lainnya dari Sultan.



2. Pakaian Adat
Pakaian adata laki-laki Lombok berupa tutup kepala dengan baju berlengan panjang, kain sarung sebatas dengkul dan kain sarung yang ditenun. Sedangakan wanitanya menggunakan kebaya panjang dengan kain songket. Perhiasannya yang digunakan yaitu hiasan bunga dikepala, anting anting, kalung bersusun, pending, dan gelang.
Pakaian watak laki-laki Sumbawa berupa tutup kepala,baju jas tutup, kain songket dan kain tenun yang melingkar dipinggang. Wanitanya menggunakan model baju bodo, dan kain songket. Perhiasan yang digunakan berupa hiasan bunga dikepala, kalung bersusun, pending, dan gelang tangan.



3. Tari tarian Daerah Nusa Tenggara Barat

a. Tari Mpaa Lenggogo, sebuah tarian guna menyambut kehadiran Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Tari ini juga sering dipertunjukkan pada upacara upacara perkawinan atau upacara khinatan keluarga raja.
b. Tari Batu Nganga, yaitu sebuah tari berlatar belakang dongeng rakyat. Mengisahkan perihal kecintaan rakyat terhadap putri raja yang mesuk kedalam batu. Mereka memohon semoga sang putri sanggup keluar dari dalam watu itu.
c. Tari Gora (Gogo Rancah), adlah tarian yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan para petani yang dengan semangat menanam padi. Tari ini merupakan tari garapan yang diolah dari sumber tari tradisi suku Sasak, suku Sumbawa, dan suku Bima.


4. Senjata Tradisional
Di NTB, senjata tradisional yaitu keris. Ada banyak sekali jenis keris, contohnya sampari dan sondi. Di Lombok, sondi berjulukan grantin.
Keris merupakan benda pusaka yang diperoleh secara turun temurun. Dipakai pada ketika upara upara adat, juga pada waktu upacara keagaaman, menyerupai Maulid Nabi Muhammad SAW, Idut Fitri, Idul Adha dan pada waktu mendapatkan tamu negara.


5. Suku  : Suku dan marga yang terdapat di tempat Nusa Tenggara Barat yaitu : Sasak, Bali, Sumbawa, dan Bima.
6. Bahasa Daerah : Sumbawa, Sasak, dan lain lain.
7. Lagu Daerah : Orlen orlen.

Sumber : https://www.karimganas.com//search?q=kebudayaan-nusa-tenggara-barat


2.NUSA TENGGARA TIMUR.


1. Rumah Adat
Salah satu pola rumah watak Nusa Tenggara Timur disebut Saoata Musalakitana. Rumah Saoata Musalakitana yaitu rumah rumah watak di NTT, untukk tempat tinggal lurah, camat atau pembesar lainnya. Rumah ini berbentuk panggung dan dibawahnya terdapat balai panjang tempat mendapatkan tamuyang tiangnya bangun dari landasan watu besar, sehingga tidak perlu ditanam dalam tanah.
Rumah Adat Nusa Tenggara Timur.




2. Pakaian Adat
Pakaian watak yang digunakan kaum laki-laki di NTT berupa topi dengan bentuk yang khas, baju jas ttup, selempang kain tenun dan bersarung kain tenun. Sebilah golok terselip didepan perut. Perhiasan yang digunakan berupa kalung dan pending.
Sedangkan wanitanya menggunakan hiasan kepala berbentuk bulan sabit, kain tenun yang menyelempang di pundak dan kain tenun yang menutup bab dada sampai kaki.perhiasan yang digunakan yaitu subang, kalung, pending, dan gelang tangan. Pakaian ini menurut pakaian watak Rote.




3. Tari tarian Daerah Nusa Tenggara Timur

a. Tari Perang, tari yang mengatakan sifat sifat keperkasaan dan kepandaian mempermainkan senjata. Senjata yag digunakan berupa cambuk dan perisai.




b. Tari Gareng Lameng, dipertunjukkan pada upacara Khinatan. Tari ini berupa upacan selamat serta mohon berkat kepada Tuhan semoga yang dikhinat sehat lahir dan batin dan suksesdalam hidupnya.
c. Tari Lendo Nusa Malole, berarti tarian ini dari negeri yang indah. Tari garapan yang menggunakan irirngan musik sasando ini merupakan tari penyambut tamu yang memanfaatkan gerak gerak tari tertentu semoga massa ikut dalam kegembiraan.

 4. Senjata Tradisional
Senjata yang umumnya digunakan oleh penduduk NTT yaitu Sundu atau Sudu, semacam keris. Penduduk menganggapnya sebagai senjata tikam yang keramat. Senjata lainnya yaitu Saweo, Pisau, Kampak, Parang, dan Senapan Tumbuk.
Sundu, Senjata Tradisional NTT.




5. Suku : Suku dan marga yang terdapat di tempat Nusa Tenggara Timur yaitu : Timor, Rote, Flores, Sabu, Dawan, Belu, Sumba, Helong, dan lain lain.
6. Bahasa Daerah : Sumba Timor, Hawu, Beku.
7. Lagu Daerah : Potong Bebek, Desaku, Anak Kambing Saya.


Sumber :  https://www.karimganas.com//search?q=kebudayaan-nusa-tenggara-barat 

 3.BALI.
1. Rumah Adat
Salah satu pola rumah watak tempat Bali disebut Gapura Candi Bentar. Gapura Candi Bentar merupakan pintu masuk istana raja yang merupakan pula rumah watak di Bali. Gapura Candi Bentar dibentuk dari watu merah dengan ukir yiran dari watu cadas. Balai Benggong terletak pada sisi kanan dan Balai Wantikan terletak pada sisi kiri. Balai Benggong yaitu tempat istirahat raja beserta keluarganya. Balai Wantikan yaitu tempat berkelahi ayam attau pegelaran kesenian. Kori Agung yaitu pintu masuk pada waktu upacara besar. Kori Babetelan merupakan pintu untuk keperluan keluarga.




 2. Pakaian Adat
Pakaian watak laki-laki Bali berupa ikat kepala (destra), kain songket saput dan sebilah keris terlesip pada pinggang bab belakang.
Sedangkan wanitanya menggunakan dua helai kain songket, setagen songket atau meprada dan selendang atau senteng. Ia juga menggunakan hiasan bunga emas dan bunga kamboja diatas kepala. Perhiasan yang dipakainya yaitu subang, kalung, dan gelang.



3. Tari tarian Daerah Bali
a. Tari Legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta raja dari Lasem.ditarikan secara dinamis dan memikat hati.


b. Tari Kecak, sebuat tarian menurut dongeng dari Kitab Ramayana yang mengisahkan perihal bala tentara monyet dari Hanoman dan Sugriwa.


c. Tari Jaran Teji, yaitu jenis tari kreasi yang memanfaatkan gerak tari tradisi untuk menggambarkan keterampilan para prajurit penanggung uda yang bersiap siaga menuju medan perang.


4. Senjata Tradisional
Keris sebagai senjata penduduuk Bali. Selain untuk membela diri, keris sanggup mewakili seseorang dalam suatu usul pernikahan. Menurut doktrin sebagai penduduk Bali, jika keris pusaka direndam dalam air putih akan menyembuhkan anggota keluarga dari gigitan hewan berbisa. Gagang keris yang terbuat dari kayu itu, ada pula yang berhiasan permata.
Selain keris terdapat pula tombak yang dipergunakan untuk berburu, berperang atau upacara pembakaran mayat. Juga terdapat golok yang dipergunakan untuk keperluan bertani serta untuk mempersiapkan upacara keagamaan.



5. Suku : Suku dan marga yang terdapat didaerah Bali yaitu : Bali, Jawa, dan Madura.
6. Bahasa Daerah : Bali
7. Lagu Daerah : Janger
Sumber : https://www.karimganas.com//search?q=kebudayaan-nusa-tenggara-barat


Belum ada Komentar untuk "Budaya Provinsi Ntb,Ntt,Dan Bali."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel