Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat Indonesia

Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia. Ia merupakan pulau terbesar kedua sesudah Pulau Greendland di Denmark. Jika dilihat dari karakteristik budaya, mata pencaharian dan rujukan kehidupannya, penduduk orisinil Papua itu sanggup dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu Papua pegunungan atau pedalaman, dataran tinggi dan Papua dataran rendah dan pesisir.

Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat Indonesia
Senjata Tradisional Papua
Salah satu senjata tradisional di Papua ialah Pisau Belati. Senjata ini terbuat dari tulang kaki burung kasuari dan bulunya menghiasi hulu Belati tersebut. senjata utama penduduk orisinil Papua lainnya ialah Busur dan Panah. Busur tersebut dari bambu atau kayu, sedangkan tali Busur terbuat dari rotan. Anak panahnya terbuat dari bambu, kayu atau tulang kangguru. Busur dan panah digunakan untuk berburu atau berperang.

Makanan Khas Papua
Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat IndonesiaAda kemiripan antara makanan khas Papua & Maluku, yaitu bubur sagu yang sering disebut Papeda. Papedan ialah makanan berupa bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan tongkolatau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket mirip lemdengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. 

Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat IndonesiaAlat Musiknya
Tifa merupakan alat musik khas Indonesia penggalan Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya mirip kendang dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya. Ada beberapa macam jenis alat musik Tifa mirip Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Pakaian Adat
Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat IndonesiaKoteka ialah pakaian untuk menutup kemaluan pria dalam budaya sebagian penduduk orisinil Pulau Papua. Koteka terbuat dari kulit labu air, Lagenaria siceraria. Isi dan biji labu bau tanah dikeluarkan dan kulitnya dijemur. Secara harfiah, kata ini bermakna "pakaian", berasal dari bahasa salah satu suku di Paniai. Sebagian suku pegunungan Jayawijaya menyebutnya holim atau horim.

Tarian Khas Papua
Tari Yospan ialah sejenis tarian pergaulan muda-mudi di Papua. Tarian ini muncul sekitar tahun 1960 dan bahkan pernah terkenal dan dipergunakan sebagai gerak pada senam kesehatan jasmani.

Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat IndonesiaKata Yospan ialah singkatan dari Yosim Pancar, dan merupakan penggabungan dua macam tarian menjadi satu. Gerakan tarian Yospan terinspirasi ketika pesawat-pesawat bermesin jet mulai mendaratkan rodanya di Biak sekitar 1960 an ketika terjadi konflik antara Kerajaan Belanda dengan Pemerintah Indonesia. 

Rumah Adat Papua
Sebagian besar dari kita niscaya sudah tahu dong rumah etika yang satu ini? Yups, Rumah Honai namanya. Rumah ini terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Honai sengaja dibangun sempit atau kecil dan tidak berjendela yang bertujuan untuk menahan hawa hambar pegunungan Papua. 

Papua berada di wilayah paling timur negara Indonesia Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat IndonesiaHonai biasanya dibangun setinggi 2,5 meter dan pada penggalan tengah rumah disiapkan kawasan untuk menciptakan api unggun untuk menghangatkan diri. Rumah Honai terbagi dalam tiga tipe, yaitu untuk kaum laki-laki(disebut Honai), perempuan (disebut Ebei), dan sangkar babi (disebut Wamai).

Dikutip & diolah dari: Wikiland

Belum ada Komentar untuk "Mari Jelajahi Budaya Papua, Ujung Barat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel