Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang Menarik

Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan, dengan ibu kota Provinsi Kota Pontianak. Kalimantan Barat berbatasan darat dengan negara bab Sarawak, Malaysia. Walaupun sebagian kecil wilayah Kalimantan Barat merupakan perairan (laut), akan tetapi Kalimantan Barat mempunyai puluhan pulau besar dan kecil (sebagian tidak berpenghuni) yang tersebar sepanjang Selat Karimata dan Laut Natuna yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Suku Bangsa
Etnis paling lebih banyak didominasi di Kalimantan Barat, yaitu Dayak, Melayu, dan Tionghoa. Etnis Dayak merupakan etnis di daerah pedalaman, sedangkan etnis Melayu mayoritas di tempat pesisir, Sedangkan Etnis Tionghoa yang banyak terdapat di perkotaan menyerupai Singkawang dan Pontianak. 

Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang MenarikTarian Khas
Tari Monong / Manang/Baliatn, merupakan tari Penyembuhan yang terdapat pada seluruh masyarakat Dayak. tari ini berfungsi sebagai penolak/penyembuh/ penangkal penyakit semoga si penderita sanggup sembuh kembali penari berlaku menyerupai dukun dengan jampi-jampi. tarian ini hadir disaat sang dukun sedang dalam keadaan trance, dan tarian ini merupakan bab dari upacara susila Bemanang/Balian.

Alat Musik Khas
Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang MenarikPertama ada Keledik/Kedire, yaitu merupakan alat musik terbuat dari labu dan bilah bambu di mainkan dengan cara ditiup dan dihisap, terdapat di daerah Kapuas Hulu. Pada suku Dayak Uut Danum di sebut Korondek. 

Kemudian Entebong, yang merupakan alat musik Pukul sejenis Gendang dan banyak terdapat di kelompok Dayak Mualang di daerah Kabupaten Sekadau.

Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang MenarikSenjata Daerah
Kalimantan Barat sendiri mempunyai senjata khas yang populer dengan nama Mandau (Ahpang: sebutan Uut Danum). Mandau sendiri yaitu sejenis Pedang yang mempunyai keunikan tersendiri, dengan tabrakan dan kekhasannya. Pada suku Dayak Uut Danum hulunya terbuat dari tanduk rusa yang diukir, sementara besi materi Ahpang (Mandau) terbuat dari besi yang ditambang sendiri dan terdiri dari dua jenis, yaitu Bahtuk Nyan yang populer keras dan tajam sehingga lalat hinggap pun sanggup putus tapi gampang patah dan Umat Motihke yang populer lentur, beracun dan tidak berkarat.

Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang MenarikMakanannya
Kuliner khas yang sanggup kita dapatkan dari daerah Kalimantan Barat adalah:
  • Masakan Asam Pedas di daerah Pontianak
  • Masakan Bubur Pedas di daerah Sambas
  • Kerupok basah, merupakan masakan khas Kapuas Hulu
Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang MenarikRumah Adat Khasnya
Ini merupakan rumah susila suku dayak. Rumah Panjang terbuat dari kayu dengan ketinggian 5 hingga 8 meter. Tinggi rumah tergantung dari tinggi tiang yang menopang rumah tersebut. Panjangnya sekitar 180 meter dan lebar 6 meter dan terdapat sekitar 50 ruangan didalamnya. 

Ruangan-ruangan ini umumnya dihuni oleh banyak keluarga yang di dalamnya juga termasuk keluarga inti. Untuk masuk ke rumah panjang, keluarga mengunnakan tangka atau anak tangga. Rumah panjang di Kalimantan Barat mempunyai bentuk yang sempit tetapi dengan ukuran panjang yang ekstrem. Rumah ini hanya terdiri dari satu kamar.

Pakaian Adatnya
Perlu diketahui bahwa Provinsi Kalimantan Barat didominasi oleh 2 suku besar, yaitu suku Dayak dan suku Melayu. Dalam hal berpakaian, kedua suku tersebut mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Pakaian susila Kalimantan Barat untuk suku Dayak berjulukan King Baba dan King Bibinge. King Baba dipakai oleh laki-laki sementara King Bibinge dipakai oleh para wanita. 
Kalimantan Barat yaitu sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang Menarik

Baik King Baba maupu King Bibinge keduanya dibentuk dari serat kulit kayu yang dihias sedemikian rupa dengan bermacam-macam pernik dan warna. Pemakai pakaian ini juga akan mengenakan bermacam-macam aksesoris menyerupai senjata tradisional maupun perhiasan berupa kalung, manik, manik, dan bulu burung enggang di bab epilog kepalanya.

Sementara untuk pakaian susila Melayu terutama Melayu Sambas, desain, materi dan cara pemakaiannya sesungguhnya sama menyerupai busana khas melayu lainnya. Perempuannya mengenakan baju kurung dan laki-lakinya mengenakan baju jas tutup. 

Dikutip & diolah dari: Adat Tradisional & Wikiwand

Belum ada Komentar untuk "Sepintas Berkenalan Dengan Budaya Kalimantan Barat Yang Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel